Inovasi

Disnaker Tangerang Kejar Target 660 Warga Ikut Pelatihan Kerja

TANGERANG, LBC– Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Tangerang menggelar pelatihan kerja di aula Kantor Kelurahan Karangsari, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang, Selasa (28/9/2021). Pelatihan bertujuan untuk meningkatkan daya saing sumber daya manusia (SDM) memperluas kesempatan kerja di tengah pandemi Covid-19. Targetnya 660 warga yang menjadi peserta dengan berbagai jenis keterampilan.

Kepala Bidang (Kabid) Pelatihan Kerja dan Peningkatan Produktivitas Disnaker Kota Tangerang Mualim mengatakan, pihaknya menyelenggarakan pelatihan kerja untuk seluruh masyarakat Kota Tangerang yang ingin mengasah kemampuan sesuai ketertarikan jenis keterampilan tertentu.

“Pelatihan ini tentunya untuk memperluas kesempatan kerja masyarakat Kota Tangerang,” jelas Mualim di sela-sela kegiatan pelatihan.

Sejauh ini, diungkapkan Mualim, pihaknya telah membekali sekira 420 warga Kota Tangerang dengan berbagai macam pelatihan kerja. Pihaknya menawarkan lima jenis pelatihan kerja, antara lain digital marketing, barista, pembuatan makanan, tata rias wajah, dan sablon.

Advertisement

Setiap jenis pelatihan kerja, kata Mualim, terdiri atas beberapa angkatan. Seperti pelatihan digital marketing ada sembilan angkatan, barista dan pembuatan makanan masing-masing enam angkatan, dan sablon satu angkatan, dengan masing-mmasing angkatan diikuti 30 peserta.

“Sampai saat ini sudah 420 masyarakat Kota Tangerang dari 660 target peserta mengikuti beragam jenis pelatihan kerja yang tersedia. Targetnya semua selesai akhir November 2021,” ungkapnya.

Mualim menambahkan, pihaknya juga menjembatani pelatihan kerja dengan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Tangerang terkait urusan permodalan usaha. Ia berharap, masyarakat memanfaatkan momen pelatihan kerja agar mandiri menjalankan usahanya.

“Kita tidak hanya memberikan pelatihan, tapi bantu juga masyarakat mengembangkan keterampilannya menjadi usaha yang lebih menghasilkan dari segi ekonomi melalui berbagai program permodalan Pemkot Tangerang, seperti Tangerang Emas maupun Tangerang Bisa,” pungkasnya. (Eky Fajrin/zai)

Back to top button