Pemerintahan

Diundur Lagi, Ini Target Jadwal Pilkades Kabupaten Serang Selanjutnya!

SERANG, LBC – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2021 Kabupaten Serang resmi kembali diundur, seiring diperpanjangnya Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 yang melarang Pilkades dilaksanakan. Namun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang mempunyai target jadwal Pilkades berikutnya, yakni paling cepat bisa dilaksanakan 15 Agustus.

Demikian disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Serang Tubagus Entus Mahmud Sahiri seusai Rapat Koordinasi Pelaksanaan Pilkades di aula Brigjend KH Syam’un Pemkab Serang, Rabu (4/8/2021).

“Sesuai janji kemarin bahwa tanggal 4 Agustus ini kita akan menentukan apakah Pilkades diundur atau tetap dilaksanakan tanggal 8 Agustus. Karena adanya Intruksi Mendagri Nomor 27 Tahun 2021 Tentang Perpanjangan PPKM Level 4 di samping memperhatikan segala peraturan kondisi kerawanan dan kesehatan di Kabupaten Serang yang masih zona merah level 3, maka kita putuskan pelaksanaan Pilkades diundur lagi sampai batas waktu yang belum bisa ditentukan,” ungkap Entus kepada awak media.

Keputusan itu, kata Entus, karena memperhatikan kebijakan PPKM dari pemerintah pusat sesuai Intruksi Mendagri. Ketika tanggal 9 Agustus Mendagri mengeluarkan kebijakan baru yang memungkinkan Kabupaten Serang dari segi aspek kesehatan dan aturan untuk melanjutkan Pilkades, sambung Entus, maka pihaknya akan kembali menggelar rapat pada 10 Agustus untuk menentukan jadwal pelaksanaan Pilkades berikutnya.

Advertisement

“Nanti kita rapat lagi untuk menentukan harinya yang memungkinkan setelah tanggal 9 Agustus ada kelonggaran. Jadi, paling cepat Pilkades tanggal 15 Agustus,” ujar mantan Camat Pabuaran tersebut.

Namun jika pada 9 Agustus kembali ada kebijakan perpanjangan PPKM dan kondisi di Kabupaten Serang masih rawan Covid-19, lanjut Entus, maka pihaknya belum bisa menentukan kapan Pilkades dilaksanakan.

“Ada ritme Inmendagri yang ditindaklanjuti Dirjen Bina PMD. Di situlah surat dari Dirjen yang melarang pelaksanaan Pilkades selama PPKM. Kebetulan hari ini saya sudah menerima jawaban atas surat saya ke Dirjen yang melarang Pilkades,” terang mantan Asisten Daerah (Asda) II Pemkab Serang ini.

Sebaliknya, kata Entus, jika sampai batas waktu 9 Agustus ada kebijakan memungkinkan Pilkades dilaksanakan, maka akan secepatnya dilaksanakan.

“Kalau tidak memungkinkan ya menunggu sampai kebijakan berikutnya supaya tidak rapat rapat lagi,” jelas mantan Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Serang ini.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Serang Bahrul Ulum mengaku, pihaknya akan mengikuti perkembangan PPKM sampai 9 Agustus. Kata Ulum, pihaknya sudah meminta arahan dari Mendagri melalui Ketua Panitia Pilkades Kabupaten Serang terkait pelaksanaan Pilkades.

“Tadi diputuskan menunggu arahan itu (pelaksanaan Pilkades-red. Aturan tentang PPKM masih sama dengan Inmendagri sebelumnya meminta agar menunda pelaksanaan Pilkades sampai batas waktu yang belum bisa ditentukan,” ujar Sekjen DPD I Golkar Banten itu.

Pihaknya, kata Ulum saat ini tinggal menunggu perpanjangan PPKM selesai sampai 9 Agustus untuk kepastian pelaksanaan Pilkades.

“Kalau sudah dilonggarkan mungkin bisa dilaksanakan Pilkades. Nanti kita rapatkan lagi tanggal 10 Agustus kumpul dan menunggu tanggal hari-H nya. Kalau diperpanjang lagi, keputusan hari ini berlaku sampai penundaan Pilkades,” tandas Ketua Karang Taruna Kabupaten Serang tersebut. (zai)

Back to top button