Kesehatan

Gandeng 115 Faskes, BPJS Tangerang Klaim Cukup Jangkau Peserta

TANGERANG, LBCBadan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Kota Tangerang terus mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat. Saat ini, BPJS Kota Tangerang sudah menggandeng 115 fasilitas kesehatan klinik dan puskesmas yang diklaim cukup menjangkau kepesertaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) tersebut.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kota Tangerang Yudi I Wahyo Cahyono menilai, kebutuhan masyarakat kepada akses faskes setiap tahun cenderung meningkat seiring optimalnya layanan dari pemerintah. Kaitan itu, kata yudi, BPJS Kesehatan Cabang Kota Tangerang terus berupaya menambah kerjasama dengan faskes yang ada di Kota Tangerang.

Menurut Yudi, kerjasama dengan klinik kesehatan dan rumah sakit saat ini sudah cukup untuk melayani jumlah kepesertaan yang ada. Sebaran faskes baik klinik maupun rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS, dinilai Yudi, sudah menjangkau peserta di 13 Kecamatan.

Adapun faskes yang sudah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan Cabang Kota Tangerang, disebutkan Yudi, sebanyak 115 klinik dan puskesmas. Untuk klinik pratama berjumlah 66, klinik TNI 1, klinik Polri 2,  puskesmas 38, apotek PRB 8.  

Advertisement

“Saat ini fasilitas kesehatan yang melayani peserta sudah cukup. Namun jika nanti kepesertaan bertambah dan dirasa perlu penambahan, kami akan sesuaikan,” ujar Yudi saat ditemui lingkarbanten.com di ruang kerjanya, Rabu (15/9).

Dijelaskan Yudi, klinik kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS tidak menjamin langsung mendapatkan peserta. Oleh karena itu, Yudi tidak menyangkal, ada klinik kesehatan yang putus kerjasama dengan pihaknya.

Diungkapkan Yudi, ada sejumlah wilayah yang menjadi perhatian dalam peningkatan pelayanan kesehatan, di antaranya Kecamatan Neglasari, Benda, dan Kecamatan Pinang.

“Kalau kami tidak bisa memindahkan peserta, kecuali kalau klinik tutup. Tapi, setiap peserta bisa pindah setelah tiga bulan pertama,” terangnya. (Eky Fajrin/zai)

Back to top button