Kesehatan

Gebyar Vaksinasi di UPT Puskesmas DPT Cimanuk Disambut Antusias

PANDEGLANG, LB– Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan dan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57, Dinas Kesehatan (Dinkes) Pandeglang melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas DTP Cimanuk menggelar Gebyar Vaksinasi Covid-19 di kantor UPT Puskesmas DPT Cimanuk, Rabu (10/11/2021).

Kegiatan disambut antusias warga meskipun cuaca sedang hujan, dibuktikan dengan membeludaknya peserta vaksin yang datang mengantre ke Puskesmas. Ruang pelayanan vaksinasi berada di halaman, aula, hingga ruang khusus vaksin.

Tenaga kesehatan (nakes) dan vaksinator juga terlihat sibuk melayani peserta vaksin, baik yang mendaftar maupun di ruang penyuntikan vaksin. Kegiatan menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Kepala UPT Puskesmas DPT Cimanuk dr Rita Permatasari mengatakan, kegiatan Gebyar Vaksinasi pada 10 November 2021 ini merupakan puncak acara. Sebelumnya, kata Rita, vaksinasi Covid-19 dilakukan di desa-desa wilayah Kecamatan Cimanuk.

Advertisement

Disebutkan Rita, pihaknya bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang melalui Dinkes dan seluruh nakes yang ada di Puskesmas Cimanuk dalam pelaksanaan Gebyar Vaksinasi. Rita pun mengapresiasi antusias warga Kecamatan Cimanuk yang mengikuti vaksin di UPT Puskesmas.

“Kita bisa lihat antusias warga yang datang membeludak walaupun kondisi cuaca yang kurang mendukung (hujan deras),” ujarnya.

Sementara itu, Camat Cimanuk Agus Riyanto yang juga selaku Ketua Tim Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Kecamatan Cimanuk mengapresiasi kegiatan Gebyar Vaksinasi yang digelar UPT Puskesmas DTP Cimanuk.

Apalagi, kata Camat, kegiatan disambut antusias warga di wilayah Kecamatan Cimanuk. Pihaknya menargetkan bisa mencapai 1.500 warga di wilayah Kecamatan Cimanuk yang divaksin untuk mewujudkan herd immunity (kekebalan komunal).

Katanya, kegiatan juga didukung perawat dan bidan desa di wilayah Kecamatan Cimanuk. Peserta vaksin juga mendapatkan bantuan beras.

Alhamdulillah saparontos divaksin (sudah divaksin), kula kenging beas (saya dapat beras),” aku salah satu peserta vaksin asal Girimertaibu Desa Kadubungbang Suhaeni dalam logat bahasa sunda usai divaksin.

Diketahui, kegiatan vaksin Covid-19 diikuti warga, pengajar, hingga pelajar di wilayah Kecamatan Cimanuk. (zai)

Back to top button