Kesehatan

Gedung BPPS Banten Jadi Tempat Isoman Pasien Covid-19

LEBAK, LBC- Gedung Balai Pemulihan dan Pengembangan Sosial (BPPS) milik Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Banten dijadikan tempat warga Lebak untuk menjalani isolasi mandiri (isoman) akibat Covid-19. Hal ini dipicu kontrak antara Pemkab dengan pihak rumah sakit telah habis Agustus 2021 ini.

“Iya kontraknya sudah habis (dengan rumah sakit sebagai tempat isoman-red). Karena itu, kita akan segera pindahkan pasien Covid yang menjalani isoman ke gedung BPPS,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Lebak Triatno Supiyono di ruang kerjanya, Senin (02/08/2021).

Gedung yang terletak di Jalan Siliwangi Pasir Ona, Kecamatan Rangkasbitung, Lebak itu, kata Triatno, dapat menampung 100 orang, terdiri atas pasien positif Covid-19 dan para tenaga kesehatan (nakes) yang bertugas di gedung tersebut.

“Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Lebak saat ini sedang menyiapkan berbagai fasilitasnya, seperti mess, fasilitas tempat tidur, televisi, wifi, kipas angin, serta fasilitas penunjang lainnya,” katanya.

Advertisement

Sementara itu, Kepala BPBD Lebak Febby Rizki Pratama menambahkan, ada empat gedung yang disiapkan Pemkab Lebak, yakni tiga gedung akan digunakan untuk pasien Covid-19 dan satu gedung untuk nakes. Saat ini, lanjut Febby, pihaknya menyediakan berbagai fasilitas penunjang, seperti tempat tidur untuk para pasien dan nakes.

“Dari pemerintah daerah sudah menyediakan tempat tidurnya. Kemudian temen-temen dari BPBD (Badan Penanggulangan dan Bencana Daerah) juga akan memasang partisi, biar ada privasi antar pasien,” katanya.

Febby berharap, dengan berbagai fasilitas yang disediakan oleh Pemkab Lebak itu bisa memberikan kenyamanan bagi para pasien positif Covid-19 dalam menjalani masa isoman.

“Semoga dengan itu semua para pasien bisa cepat pulih dari Covid-19 dan bisa beraktivitas dengan normal.” harapnya. (den/zai).

Back to top button