Pemerintahan

Golkar Apresiasi, Gerindra Kritisi Bupati Tangerang Soal RAPBD 2022

TANGERANG, LB– Dua Fraksi Partai Politik (Parpol), yakni Fraksi Golkar dan Gerindra memberikan tanggapan berbeda terhadap penyampaian Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar soal nota keuangan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) tahun 2022 pada Sidang Paripurna, Rabu (10/11/2021).

Seperti disampaikan Fraksi Golkar yang dibacakan Sholeh Afif sebagai juru bicara (jubir) mengapresiasi atas penyusunan RAPBD 2021 oleh Bupati beserta jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dinilai tepat.

Soalnya, pemda sudah menempatkan program skala prioritas. Itu dinilai menambah optimisme dan dinamika positif soal peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Kami (Fraksi Golkar-red) berharap RAPBD 2022 terwujud sebagai dinamika dan dikelola dari berbagai masukan. Seperti Musrenbang (Musyawarah Rencana Pembangunan), reses, dan ruang- ruang partisipasi publik lainnya yang memotret kondisi riil kebutuhan masyarakat,” harapnya.

Advertisement

Sementara itu, pemandangan umum dari Fraksi Gerindra yang dibacakan Muhammad Nasrullah justru mengkritisi beberapa hal terkait nota keuangan RAPBD 2022.

Di antaranya soal penetapan target pendapatan yang diasumsikan dalam kondisi perekonomian Kabupaten Tangerang saat keadaan normal. Padahal, kata Nasrullah, saat ini dalam kondisi pandemi dimana perekonomian sedang melemah yang tentunya akan berimbas pada pendapatan.

“Pertanyaannya, bagaimana Pemda mengejar target pendapatan tersebut!,” Tanya Nasrullah.

Nasrullah juga menilai, masih ada potensi pajak daerah yang masih bisa dikembangkan untuk dapat digali optimal sehingga menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD), melalui intensifikasi maupun ekstensifikasi retribusi pajak daerah.

Menurut Nasrullah, besaran target kebutuhan belanja daerah yang mengakibatkan defisit anggaran RAPBD tahun 2022 senilai Rp300 miliar terus berulang. Oleh karena itu, ia mempertanyakan, apakah itu disebabkan kurang matangnya Pemda dalam perencanaan penyusunan anggaran?.

“Itu tiga catatan kami (Fraksi Gerindra-red). Mohon maaf dalam penyampaian kami jika ada yang kurang berkenan. Ini bentuk kepedulian kami terhadap Pemkab Tangerang,” kelitnya. (Iqbal Kurnia Musyab/zai)

Back to top button