Pemerintahan

Gubernur Tunjuk Muhtarom, Inspektur Provinsi Banten Jadi Plt Sekda

Gubernur Banten Wahidin Halim menunjuk Muhtarom, Inspektur Provinsi Banten sebagai Plt (Pelaksana Tugas) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Banten. Penunjukan ini seiring dengan pengajuan pindah tugas Al Muktabar ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tertanggal 22 Agustus 2021.

“Bapak Al Muktabar telah mengajukan permohonan pindah tugas dari Provinsi Banten ke Kemendagri melalui surat tertanggal 22 Agustus 2021,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Banten Komarudin dalam Rilis Biro Adpim Pemprov Banten, Selasa (24/8/2021).

“Gubernur Banten Wahidin Halim menyetujui permohonan pindah tersebut dalam surat Gubernur Banten yang ditandatangi pada tanggl 24 Agustus 2021. Selanjutnya Gubernur Banten menyampaikan usulan pemberhentian Bapak Al Muktabar dari jabatan Sekretaris Daerah kepada Presiden melalui Mendagri,” jatanya.

Dikatakan, secara de facto mulai tanggal 24 Agustus 2021 jabatan Sekretaris Daerah Provinsi Banten kosong.

Advertisement

“Untuk menjaga efektivitas pekerjaan di Pemerintah Provinsi Banten, Gubernur Wahidin Halim menunjuk Inspektur Provinsi Banten Bapak Muhtarom sebagai Plt. Sekretaris Daerah,” pungkas Komarudin.

Untuk Pelaksana Tugas (Plt) Sekda cukup dengan surat keputusan Gubernur Banten, karena sifatnya sementara dan hanya mengisi kekosong selama belum ditunjuk penjabat atau Sekda definitif.

Muhtarom dilantik jadi Inspektur Daerah Banten pada Kamis (5/8/2021), menggantikan Kusmayadi yang pensiun. Sebelumnya, Muhtarom menjabat Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Banten. Kini Gubernur Banten menunjuk sebagai Plt Sekda Banten.

Pelantikan Muhtarom sebagai Inspektur Daerah Banten berdasarkan Keputusan Gubernur Banten Nomor 821.2//KEP148.BKD/2021 tanggal 5 Agustus 2021 dan Nomor 821.2/KEP149.BKD/2021 tanggal 5 Agustus 2021.

Sebelumnya, isu pengunduran diri atau pemberhentian Al Muktabar sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Banten terus bergulir, setelah barang-baran pribadi Al, panggilan Sekda Banten di kantor Sekda dan rumah dinas Sekda dikemas. Bahkan, di antaranya sudah diangkut ke rumah pribadi Al Muktabar di Jakarta. Isunya ini buntut konflik dengan Gubernur Banten.

Namun isu Al Muktabar berhenti jadi Sekda Banten belum mendapatkan konfirmasi secara resmi. Juru Bicara Gubernur Banten, Ujang Giri atau dipanggil Ugi hanya merespon. “Nanti saya infokan ya,” ujar Ugi yang dihubungi, Selasa (24/8/2021). (Reporter: / Editor: IN Rosyadi)

Back to top button