Peristiwa

Heboh Kabar Kebakaran Dipicu Bentrokan Antar Geng di Lapas

TANGERANG, LBC– Beredar informasi kebakaran di blok C2 Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang dipicu bentrokan antar geng narkoba di Lapas tersebut. Namun, informasi itu langsung dibantah Kepala Lapas (Kalapas) Kelas I Tangerang Victor Teguh Prihartono.

Victor meminta, masyarakat tidak menduga-duga bahwa penyebab kebakaran di Lapas Kelas I Tangerang dipicu bentrokan antar geng narkoba di Lapas sesuai informasi yang beredar. Victor juga meminta, masyarakat termasuk awak media agar menunggu hasil penyelidikan kepolisian.

“Dalam hal ini enggak ada dugaan. Kita tunggu hasil pemeriksaan dari kepolisian. Sebaiknya jangan menduga-duga,” tukas Victor kepada awak media di Lapas Kelas I Tangerang, Kamis (9/9).

Lebih jauh Victor meminta, publik bersabar untuk menunggu penyebab kejadian sebenarnya. Katanya, sampai saat ini pihak kepolisian masih bekerja keras mengungkap penyebab kebakaran.

Advertisement

“Serahkan ini kepada polisi untuk mencari tahu penyebabnya. Karena, saya yang ada di lapangan dan saya bertugas di sini (Lapas-red). Saya pikir itu dugaan, tapi namanya musibah, kapan saja bisa terjadi,” kelitnya.

Disinggung soal barang bukti yang dibawa pihak kepolisian, kata Kalapas, hanya kabel dan masih akan diselidiki sehingga belum dapat dipastikan.

“Kabel-kabel yang dibawa, itu temuan di TKP (Tempat Kejadian Perkara), itu kabel yang berantakan, yang di bawah, yang tersusun saat kondisi ditemukan di lapangan. Mungkin mereka buat instalasi buat mereka nyolong listrik, mungkin nyolong pemanas air, ini kehidupan napi,” kilahnya.

Kendati demikian, Victor menegaskan, jika selama dia memimpin Lapas Kelas I Tangerang semua kebutuhan para napi terpenuhi oleh negara, meskipun terbatas.

“Menghitung banyaknya jumlah yang masuk dan kebutuhan, itu kita usulkan perencanaan anggarannya. Relatif anggaran itu sesuai operasional di dalam Lapas. Cukup enggak cukup, kita sesuaikan,” tandasnya. (Eky Fajrin/zai)

Back to top button