Peristiwa

Human Error, Api Lalap Limbah di Jawilan Kabupaten Serang

SERANG, LBC – Akibat kelalaian manusia (human error) yang membakar sampah tanpa pengawasan pada lahan pembuangan limbah di Kampung Pasir Buah RT13/02 Desa Kareo, kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang menyebabkan limbah sampah di lahan tersebut hangus terbakar, Minggu (29/8/2021) siang sekira pukul 13.40 WIB. Tidak ada korban jiwa atas kejadian tersebut.

Saat ini, api di lahan pembuangan limbah tersebut sudah dipadamkan Unit Pemadam Kebakaran (Damkar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang. Lahan yang terbakar cukup luas dan nyaris merambat ke lokasi pembuangan lainnya.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Serang Nana Sukmana Kusuma yang dikonfirmasi wartawan melalui sambungan telepon seluler soal kejadian kebakaran limbah di Jawilan membenarkan, terjadi kebakaran limbah di lahan pembuangan limbah di Kecamatan Jawilan. Pihaknya menerima informasi soal kebakaran dari anggota Damkar BPBD Kabupaten Serang bernama Ai Afiransyah. Untuk kronologi kejadian, berdasarkan laporan yang diterima Nana, kebakaran diawali dengan kegiatan membakar sampah oleh warga tanpa pengawasan. Artinya, sampah setelah dibakar ditinggalkan begitu saja. Lalu, sambung Nana, sekira pukul 13:35 WIb, salah seorang warga melihat ada api yang cukup besar di lokasi limbah hingga menjalar ke lokasi pembuangan sampah lainnya.

“Lalu warga itu melaporkan kejadian kebakaran ke Damkar Sektor Jawilan,” tegasnya.

Advertisement

Setelah menerima laporan, lanjut Nana, pihaknya langsung menerjunkan tim Damkar BPBD kabupaten Serang Sektor Jawilan bersama satu unit kendaraan Water Foam berkapasitas 5.000 Liter. Katanya, tim Damkar tiba di lokasi sekira 10 menit kemudian dan langsung melakukan penanganan sampai api dapat dipadamkan.

“Kondisi terakhir, api berhasil dipadamkan dan tidak ada korban jiwa akibat kejadian itu. Kebakaran ini disebabkan human error,” tandasnya.

Atas kejadian itu, Nana mengingatkan agar warga jangan membakar sesuatu tanpa pengawasan dan sembarangan. (zai)

Back to top button