Peristiwa

Human Error, Limbah Plastik di Kopo Terbakar Menjalar ke Rumah

SERANG, LB– Akibat kelalaian manusia atau human error, tumpukan limbah plastik di Kampung Cigabus RT10/05, Desa Gabus, Kecamatan Kopo, Kabupaten Serang terbakar dan menjalar ke rumah warga, Minggu (14/11/2021) siang.

Sekira pukul 14.30 WIB, petugas Pemadam Kabakaran (Damkar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang tampak sudah berada di lokasi dan terlihat sibuk memadamkan api yang berkobar di tumpukan plastik.

Upaya pemadaman cukup alot, karena api sulit dipadamkan dan cepat merambat hingga menjalar ke salah satu rumah warga di sekitar lokasi kebakaran.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Serang Nana Sukmana Kusuma mengatakan, pihaknya menerima laporan dari warga bernama Onil, warga sekitar, soal kebakaran sekira pukul 14.00 WIB.

Advertisement

Atas laporan itu, kata Nana, pihaknya langsung menerjunkan petugas Damkar dari sektor Kecamatan Jawilan dan satu unit kendaraan Water Pump berkapasitas 5.000 liter guna penanganan di lokasi kejadian.

“Kabakaran awalnya diketahui Pak Onil yang melihat api sudah membesar, terus langsung menelepon ke Pos Damkar Jawilan memberitahu telah terjadi kebakaran limbah plastik di sebelah rumahnya,” terangnya.

Berdasarkan pengakuan Onil, kata Nana, pemilik lahan dimana terdapat limbah plastik yang terbakar sedang tidak ada di rumah. Pemilik lahan, diungkapkan Nana, diketahui bernama Aceng (57), seorang wirausaha.

“Begitu ada laporan, tim kami langsung merespons dan melakukan pemadaman. Yang terbakar limbah plastic dan sempat menjalar ke salah satu rumah warga. Dugaan sementara, penyebab kebakaran akibat human error dari orang yang bakar sampah,” ujarnya.

Kata Nana, api berhasil dipadamkan sekira pukul 15.50 WIB atau dua jam setelah kejadian.

“Sekarang situasi di lokasi kebakaran sudah kondusif dan dipastikan tidak ada korban jiwa,” tegasnya.

Upaya pemadaman, lanjut Nana, pihaknya dibantu unsur TNI-Polri dan warga setempat. (zai)

Back to top button