HeadlinePeristiwa

HUT ke-21 Banten Diwarnai Kericuhan, WH: KPK Saja Didemo

SERANG, LB– Aksi unjuk rasa ratusan mahasiswa menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-21 Provinsi Banten di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) berujung ricuh, Senin (4/10/2021). Massa bentrok dengan anggota polisi hingga 13 pengunjuk rasa yang diduga sebagai provokator diamankan.

Pantauan LingkarBanten.Com, pagi, awalnya aksi unjuk rasa mahasiswa dari Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanudin (UIN SMH) Banten itu berjalan damai sebelum akhirnya mahasiswa membakar ban bekas sehingga memicu kemarahan petugas kepolisian yang mengamankan jalannya unuk rasa.

Tak berapa lama, petugas kepolisian meminta massa untuk mundur, tetapi mahasiswa melawan hingga terjadilah keributan. Berawal dari saling dorong, petugas akhirnya menangkap dan mengamankan satu per satu mahasiswa yang diduga provokator. Akibat kericuhan tersebut, belasan mahasiswa diamankan oleh polisi.

“Ada 13 orang yang diamankan,” ungkap Ketua Kumala UIN SMH Banten Ade Firman di lokasi kejadian usai unjuk rasa bentrok dengan anggota polisi.

Advertisement

Kata Ade, aksi unjuk rasa dilakukan mahasiswa karena menilai selama ini Gubernur gagal memimpin Banten. Hal itu ditunjukkan dengan masih banyaknya kasus korupsi dan semakin banyaknya pengangguran di wilayah Banten.

“Reformasi birokrasi yang hari ini disuguhkan Gubernur Banten dan wakilnya kepada rakyat, ternyata hanya jadi perisai untuk naik ke bangku kekuasaan,” tuding Ade.

Kericuhan unjuk rasa menyambut HUT ke-21 Provinsi Banten diwarnai kericuhan hingga belasan mahasiswa diamankan petugas kepolisian.

Menyikapi unjuk rasa mahasiswa yang mengkritisi kepempimpinannya hingga berakhir ricuh, Gubernur Banten Wahidin Halim yang dimintai tanggapan usai Sidang Paripuran Istimewa HUT ke-21 Provinsi Banten di Gedung DPRD Provinsi Banten menjawab santai.

“KPK saja didemo kemarin, apalagi gubernur, iya wajar-wajar saja,” singkat orang nomor satu di Banten yang akrab disapa WH ini. (Hendra Hermawan/zai)

Back to top button