HeadlineInovasi

Ini Amanah Wapres Ma’ruf Amin Untuk Tanara dan Tirtayasa

#Jadi Sentra Buah Mangga, Diawali Penanaman 20.000 Bibit

SERANG, LB– Wilayah Kecamatan Tanara dan Tirtayasa, Kabupaten Serang diproyeksikan menjadi sentra buah mangga. Itu sesuai amanah Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin yang memang wilayah tempat tinggalnya.

Penyematan sentra buah manga ditandai dengan penanaman 20.000 bibit pohon buah mangga di sekitar kawasan kediaman Wapres di Desa/Kecamatan Tanara oleh Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah dan Danrem 064/Maulana Yusuf Brigjen TNI Yunianto, serta Dandim 0602/Serang Kolonel Inf Soehardono, Kamis (30/9/2021).

Acara juga disaksikan Kepala Dinas Pertanian (Distan) Provinsi Banten Agus M Tauchid, Kepala Distan Kabupaten Serang Zaldi Dhuhana, Kepala Dinas Ketahan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Serang Soehardjo, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serang dr Agus Sukmayadi, dan sejumlah alim ulama wilayah Kecamatan Tanara.

Danrem 064/Maulana Yusuf Brigjen TNI Yunianto mengatakan, penanaman pohon buah mangga merupakan amanah Wapres. Danrem mengaku menerima amanah itu sekira tiga pekan lalu agar wilayah Pondok Pesantren (Ponpes) An Nawawi di Kecamatan Tanara menjadi penghasil tanaman buah mangga.

Advertisement

Atas dasar itu, kata Yunianto, pihaknya mendatangkan bibit pohon buah mangga berkualitas yang cocok ditanam di wilayah Tanara.

Insya Allah akan ditanam di dua kecamatan, Tanara dan Tirtayasa,” ungkap Yunianto di sela-sela acara penanaman.

Sedangkan jumlah bibit pohon buah manga yang akan ditanam, disebutkan Yunianto, mencapai 20.000 bibit dengan berbagai jenis, meliputi buah manga gedong gincu, harum manis, cengkir, dan lainnya. Sebelumnya, diakui Yunianto, pihaknya sudah koordinasi dengan Distan Provinsi Banten untuk mendatangkan bibit buah mangga dari Jati Nangor, Bandung, Jawa Barat.

Dengan ditanamnya bibit buah pohon mangga, Yunianto mengajak masyarakat yang diberikan amanah untuk menanam ikut bertanggung jawab merawatnya.

“Mudah-mudahan semuanya yang kita tanam, semuanya tumbuh dan menghasilkan buah,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengatakan, penyematan dua kecamatan di wilayahnya menjadi sentra buah manga merupakan mimpinya. Terlebih, setiap desa mempunyai penghasil unggulan.

“Alhamdulillah mimpi saya diinisiasi Pak Wapres dan Danrem,” ucapnya.

Dengan dilakukannya penanaman pohon buah mangga, menurut Tatu, sudah sesuai target Pemkab Serang untuk program one field one product (satu bidang satu produk). Tatu meyakini, Kabupaten Serang bisa seperti Indramayu menjadi pusat penghasil buah mangga.

Menurut bupati pertama di Kabupaten Serang itu, di wilayahnya rasanya tidak sulit menjadi sentra bua-buahan, hanya setelah ditanam jangan berharap lagi kepada TNI untuck mengurusnya sesuai pernyataan Danrem, melainkan masyarakat yang harus merawat, menyiram, dan menjaganya supaya hidup.

“Mudah-mudahan tiga kecamatan dimulai dari Tanara, Tirtayasa, dan Pontang nanti jadi sentra manga bisa seperti Indramayu yang menjadi pusat penghasil buah mangga,” harap bupati dua periode

Usai menanam bibit pohon buah mangga di halaman kediaman Wapres, Tatu bersama Danrem dan pejabat lainnya melanjutkan menanam bibit di Terminal Tanara menggunakan sepeda motor. Dilanjutkan dengan panen raya padi dan meninjau serbuan vaksinasi Kodim 0602/Serang di Kantor Desa Sujung. (zai)

Back to top button