HeadlinePemerintahan

Ini Jadwal Rotasi Jabatan di Kabupaten Serang! Plt Berpeluang Definitif

SERANG, LBC –Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang melalui Badan Kepegawaian dan pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) akan merotasi hingga promosi jabatan dalam waktu dekat. Rotasi jabatan akan dilakukan secara bertahap, menyusul banyaknya jabatan kosong di lingkungan Pemkab Serang.

Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Karir (Bangrir) BKPSDM Kabupaten Serang Surtaman mengatakan, pihaknya sedang melakukan pemetaan untuk melakukan rotasi hingga promosi jabatan secara bertahap.

“Mungkin kita isi dulu jabatan eselon 3 dan eselon 4 yang kosong. Untuk agendanya tergantung keputusan Ibu Bupati. Kami hanya menyiapkan pemetaan, kemungkinan paling cepat bisa di pertengahan minggu depan,” ungkap Surtaman kepada lingkarbanten.com, kemarin.

Saat ini, kata Surtaman, pihaknya sedang mematangkan pemetaan pejabat yang akan dirotasi. Surtaman mengungkapkan, ada delapan jabatan Camat dan delapan jabatan Sekretaris Camat (Sekmat) di Kabupaten Serang yang kosong.

Advertisement

Untuk jabatan Camat yang kosong, disebutkan Surtaman, meliputi Camat Tanara, Camat Lebakwangi, Camat Pamarayan, Camat Tunjungteja, Camat Waringinkurung, Camat Puloampel, Camat Padarincang, dan Camat Pabuaran yang memasuki masa pensiun dalam waktu dekat.

Sementara jabatan Sekmat yang kosong, sambung Surtaman, meliputi Sekmat Waringinkurung, Sekmat Kramatwatu, Sekmat Kibin, Sekmat Lebakwangi, Sekmat Jawilan, Sekmat Pamarayan, Sekmat Tunjungteja, dan Sekmat Carenang.

“Sekmat ini kosongnya rata-rata tahun 2022, paling muda pensiun itu di Mei 2020. Kita utamakan pengisian jabatan yang kosong dulu,” jelasnya.

Tidak hanya jabatan Camat dan Sekmat, lanjut Surtaman, kekosongan juga terjadi pada jabatan Sekretaris Organisasi Perangkat Daerah (OPD) atau Sekdis. Yakni Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes), Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DKPD), dan Sekretaris Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosatik), dan Sekretaris Dinas Kesatuan Bangsa Politik (Kesbangpol).

Disinggung soal Pelaksana Tugas (Plt) Camat yang berpotensi menjadi pejabat definitif, menurut Surtaman, hal itu dimungkinkan selama cocok dan sesuai kompetensinya selama menjabat Plt.

Bahkan, kata Surtaman, pihaknya juga memungkinkan melakukan promosi jabatan ke eselon 2 atau setara dengan kepala dinas tanpa melalui open bidding (lelang terbuka), karena belum semua jabatan pimpinan tinggi pratama yang kosong di Kabupaten Serang dilelang.

Adapun jabatan eselon 2 yang sudah dilakukan open bidding, diungkapkan Surtaman, baru lima jabatan, yakni Kepala Dinas Sosial (Dinsos), Kepala Kesbangpol, Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag), Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset daerah (BPKAD), dan Staf Ahli Bupati.

Sedangkan yang belum dilelang, disebutkan Surtaman, yakni Kepala Dinas Perhubungan (Dishub), Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans), Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Tata Bangunan (DPKPTB), Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), dan Kepala DPKD yang memasuki masa pensiun.

“Setelah yang di open bidding tahap pertama dilantik, lanjut ke open bidding jabatan eselon 2 berikutnya,” katanya.

Bahkan, kata Surtaman, tahun ini juga dimungkinkan adanya promosi jabatan ke jabatan eselon 2.

“Untuk jabatan eselon 2 ini bisa open bidding, bisa jadi rotasi, bisa jadi promosi. Pasca dilantik ibu Bupati sudah hampir satu tahun tidak melakukan promosi rotasi untuk mencapai keseimbangan dan kompetensi kinerja pejabat,” tandas Surtaman yang merangkap jabatan Plt Camat Puloampel ini. (zai)

Back to top button