HeadlinePemerintahan

Ini Perkiraan Jadwal Pilkades Kab Serang! Sekda : Lebih Cepat Lebih Baik

SERANG, LBC – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) sampai saat ini masih menjadi pusat perhatian masyarakat desa, terutama para calon Kepala Desa (Kades) yang mengikuti pesta demokrasi enam tahunan tersebut, tak terkecuali di Kabupaten Serang. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang pun sudah memperkirakan tanggal pelaksanaan Pilkades di Kabupaten Serang, yakni hari Minggu antara tanggal 3 atau 10 Oktober.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Serang Tubagus Entus Mahmud Sahiri mengatakan, pihaknya segera berkonsultasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI terkait agenda Pilkades, karena Kabupaten Serang saat ini statusnya sudah berada pada level 2. 

“Mudah-mudahan ada revisi September sudah bisa, tidak harus nunggu Oktober,” harap Entus saat ditemui lingkarbanten.com di ruang kerjanya, Rabu (25/8/2021).

Menurut Entus, pelaksanaan Pilkades tergantung dua hal, yakni kerawanan pandemi Covid-19 dan kebijakan pemerintah pusat.

Advertisement

“Kalau ada kebijakan pusat melarang, ya jangan. Sebaliknya kalau dibolehkan, ya lebih cepat lebih baik,” tegas mantan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Serang ini.

Di ruangan terpisah, Asisten Ddaerah (Asda) 1 Pemkab Serang Nanang Supriatna mengatakan hal senada. Pihaknya masih menunggu intruksi Mendagri, karena saat ini berdasarkan surat edaran Mendagri sebelumnya bahwa pelaksanaan Pilkades diundur sampai dua bulan atau sekira Oktober.

“Masih mengacu itu (edaran Mandagri-red), cuma tanggalnya belum. Kalau Lebak dan Pandeglang sudah menentukan tanggal, yaitu tanggal 14 dan 17 Oktober. Kita juga kemungkinan minggu pertama hari Minggu,” ujar Nanang yang saat ini merangkap jabatan Pelaksana Tugas (Plt) kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Serang ini.

Untuk kepastiannya, lanjut Nanang, akan diputuskan pada rapat Panitia Pilkades tingkat kabupaten bersama Sekda. Saat ini, kata Nanang, di setiap kecamatan sedang proses pelantikan dan pengajuan Penjabat Sementara (Pjs) Kepala Desa (kades) menggantikan Kades yang sudah habis masa jabatan.

“Kita sekarang berada di level 2. Mudah-mudahan terus bertahan sehingga pelaksanaan Pilkades bisa menyesuaikan,” harap mantan Camat Waringinkurung ini.

Intinya, kata Nanang, pihaknya akan mengikuti perintah Mendagri. Untuk tanggal pelaksanaannya, lanjut Nanang, akan ditetapkan pada rapat bersama panitia Pilkades tingkat kabupaten.

“Mengingat dari Polda minta pelaksanaan Pilkades jangan berbarengan dengan daerah lain mempertimbangkan aspek keamanan, kita ancer-ancer antara di akhir atau awal Oktober, bisa tanggal 3 (3 Oktober-red) atau 10 (10 Oktober-red) hari Minggu pas libur,” tukasnya.

Disinggung soal kabar yang beredar jika honor panitia Pilkades sudah habis terpakai, Nanang langsung menepisnya. Menurut Nanang, hal itu tidak mungkin.

“Enggak mungkin honor buat hari-H dibayarkan dari sekarang,” tepis mantan Camat Kibin ini. (zai)

Back to top button