DesaHeadline

Inspiratif dan Berprestasi, Desa Cikolelet Diapresiasi Bupati

SERANG, LBCDesa Cikolelet, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang yang masuk 50 besar desa wisata terbaik pada Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparefraf RI) diapresiasi Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah. Keberhasilan Desa Cikolelet di tingkat nasional itu dinilai menjadi inspirasi desa lain di Kabupaten Serang untuk menggali potensi desa masing-masing, baik dari sektor pariwisata maupun sektor lainnya.

Alhamdulillah, Ibu (menyebut dirinya-red) selaku kepala daerah sangat bangga dan memberi apresiasi atas prestasi yang diraih Desa Cikolelet yang masuk 50 besar Desa Wisata Terbaik di Indonesia,” ucap Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah kepada lingkarbanten.com melalui sambungan telepon seluler, Selasa (24/8/2021).

Prestasi tersebut, kata Tatu, tentunya buah hasil kerja keras yang cukup lama dan membutuhkan keterlibatan banyak pihak, yakni kepala desa dan perangkatnya, termasuk masyarakat Desa Cikolelet dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang.

“Semuanya harus bisa bersinergi dengan baik agar mendapat hasil maksimal,” tutur politisi Partai Golongan Karya (Golkar) ini.

Advertisement

Pemberdayaan masyarakat, menurut Tatu, memegang peran penting karena masyarakat yang terlibat langsung dalam mewujudkan suatu desa yang bersih, indah, aman, dan bisa menggali potensinya, sehingga desanya diminati wisatawan untuk dikunjungi. Maka dari itu, lanjut Tatu, pihaknya terus berkomitmen mendorong desa-desa yang ingin maju dalam sektor pariwisata maupun sektor lainnya.

“Keberhasilan Desa Cikolelet di tingkat nasional ini harus menjadi inspirasi desa-desa lainnya,” tandas Bupati perempuan pertama di Kabupaten Serang ini.

Senada disampaikan Ketua DPRD Kabupaten Serang Bahrul Ulum yang secara kelembagaan kelembagaan DPRD mengapresiasi usaha-usaha pegiat pariwisata di Kabupaten Serang, khususnya Desa Cikolelet yang masuk 50 besar desa wisata terbaik se-Indonesia. Bahrul berharap, prestasi itu menjadi spirit untuk para pegiat pariwisata lainnya untuk semakin berinovasi dalam memajukan dunia pariwisata.

“Tentunya ini menjadi catatan pemerintah daerah, dalan hal ini DPRD. Semoga sarana dan prasana menuju desa wisata bisa dilakukan pengembangan lagi,” harapnya.

Diberitakan sebelumnya, Desa Cikolelet  masuk 50 besar Desa Wisata Terbaik se-Indonesia pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 yang diselenggarakan Kemenparefraf RI. Desa Cikolelet masuk 50 besar setelah lolos seleksi ketiga bersaing dengan 1.831 desa dari 34 provinsi di Indonesia.

Alhamdulillah, dalam seleksi ketiga dari 1.831 peserta Desa Wisata Nusantara di seluruh Indonesia yang ikut ajang Anugerah Desa Wisata Nusantara tahun 2021, Desa Cikolelet masuk 50 besar,” ucap Pegiat Wisata Desa Cikolelet Ojat Darojat.

Sebelumnya, kata Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kabupaten Serang ini, Desa Cikolelet pada seleksi pertama lomba masuk 300 besar dan mengerucut kembali menjadi 100 besar pada seleksi kedua. Kata Ojat, pencapaian itu berkat kerja keras dan dukungan seluruh elemen penggiat wisata di Kabupaten Serang, terutama Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Serang Bidang Destinasi Wisata, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Serang, Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI), Forum Pokdarwis Kabupaten Serang, serta Penggiat Wisata Desa Cikolelet.

Dalam hasil analisa penilaian Jadesta, lanjut Ojat, nilai Desa Cikolelet 44,12 persen atau masuk kategori desa maju.

“Mudah-mudahan seleksi tahap keempat Desa Cikolelet masuk sepuluh besar,” harapnya. (zai)

Back to top button