Inovasi

Inspiratif, Pelajar di Pandeglang Dirikan Rumah Baca Untuk Anak

PANDEGLANG, LBC – Sekelompok pelajar SMA 2 Pandeglang mendirikan Rumah Inspirasi Muhammad Al-Fatih untuk belajar baca anak-anak di Kampung Kadupandak RT 01/ 02, Kecamatan Pandeglang, Pandeglang. Pendirian Rumah Inspirasi bertujuan untuk memicu semangat anak-anak dalam membaca di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

Pantauan lingkarbanten.com, Senin (27/92021), pagi, sejumlah bocah tampak begitu bersemangat belajar dan bermain di Rumah Inspirasi. Pengelola Rumah Inspirasi yang mengajak anak-anak bermain game menambah keseruan pagi itu.

Penggagas Rumah Inspirasi Muhammad Al-Fatih, TB Syahbana Rajasa mengatakan, alasan mendirikan Rumah Inspirasi karena miris melihat kondisi anak-anak yang seharusnya menikmati masa belajar dan bermain malah memilih bermain smartphone.

“Iya, saya melihat ada sebagian dari anak-anak kelas 3 dan 4 SD belum bisa baca. Jadi, masyarakat sekitar juga sangat mendukung penuh pendirian rumah inspirasi ini,” ujar Syahbana kepada lingkarbanten saat ditemui di Rumah Inspirasi Muhammad Al-Fatih, Pandeglang, Senin (27/9/2021).

Advertisement

Katanya, pendirian Rumah Inspirasi Muhammad Al-Fatih disambut antusias anak-anak. Karena bukan sekadar tempat membaca dan menulis, serta membaca alquran, melainkan juga menjadi sarana bermain. Syahbana mengklaim, pendirian Rumah Inspirasi Muhammad Al-Fatih mendapat dukungan Wakil DPRD Pandeglang TB Asep Rafiudin Arief dan mendapat donasi buku dari Rumah Prestasi di Kota Serang.

“Iya Alhamdulillah masyarakat di sini (Pandeglang-red) juga antusias dari makanan juga sering di anterin ke sini (Rumah Inspirasi-red). Mereka sangat senang dengan adanya Rumah Inspirasi ini,” katanya.

Pendirian Rumah Inspirasi Muhammad Al-fatih juga, kata Syahbana, dipicu semangat belajar yang tinggi khususnya untuk membangun literasi di Pandeglang. Syahbana mengaku, sudah belajar hidup mandiri sejak masih duduk di bangku SMP.

“Meskipun sering diejek teman, saya tetap fokus belajar dan mengesampingkan bermain. Saya punya cita-cita jadi influenser motivasi pendidikan dan masuk Universitas El-Tahfidz mengambil jurusan syariat islam,” harapnya.

Saat ini, diungkapkan Syahbana, Rumah Inspirasi Muhammad Al-Fatih dibantu 17 pelajar SMA 2 Pandeglang dengan background organisasi Rohis. Pihaknya juga intens berkomunikasi dengan berbagai pihak untuk mengembangkan Rumah Inspirasi tersebut.

“Ke depan rumah inspirasi ini akan dimanfaatkan untuk agenda belajar anak-anak SMA. Misalnya ada agenda peringatan G30S PKI, nanti kita akan agendakan nonton bareng juga di sini (Rumah Inspirasi-red),” pungkasnya. (M Hafidz Fathurrohman/zai)

Back to top button