HeadlineNasional

Jokowi: Tol Serang-Panimbang Jadi Pembangkit Pertumbuhan Ekonomi

SERANG, LB-Presiden RI Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi 1 Ruas Jalan Serang-Rangkasbitung di gerbang Rangkas Bitung, Lebak, Selasa (16/11/2021). Orang nomor satu di Indonesia yang akrab disapa Jokowi itu menilai, jalan bebas hambatan itu akan menjadi pembangkit pertumbuhan ekonomi.

Acara peresmian juga dihadiri sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Provinsi Banten, dan tokoh masyarakat.

Jokowi dalam sambutannya mengatakan, infrastruktur menjadi pondasi negara untuk bersaing dengan negara lain, serta meningkatkan daya saing Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Tanpa infrastruktur, barang-barang yang ada harganya menjadi tinggi. Kalau infrastruktur siap, barang-barang terdistribusi dengan baik,” ujar Jokowi.

Advertisement

Menurut Jokowi, infrastruktur menjadikan titik pertumbuhan baru di daerah. Pembangunan jalan, dinilai Jokowi, memberikan fasilitas bagi produsen, karena menyediakan jalur distribusi bagi konsumen.

Jokowi juga menilai, dibangunnya jalan tol akan muncul pembukaan lapangan kerja, serta membuka peradaban baru.

“Infrastruktur menjadi faktor penting pertumbuhan ekonomi daerah. Akan menjadi pembangkit pertumbuhan ekonomi daerah di sekitar jalan tol,” pungkasnya.

Di tempat yang sama, Gubernur Banten Wahidin Halim mengaku bangga dengan kedatanganya Jokowi untuk kesekian kali di Banten untuk meresmikan jalan tol.

“Ini memberikan manfaat yang luar biasa. Menjadi jalur interaksi masyarakat Jakarta, Serang dan Lebak. Jalan tol memberikan dorongan kegiatan ekonomi masyarakat,” ucap orang nomor satu di Banten yang akrab disapa WH itu.

Sebagai informasi, pembangunan Jalan Tol Serang-Panimbang sepanjang 83,677 kilometer, membentang dari wilayah utara menuju wilayah selatan Provinsi Banten. Ditargetkan, pembangunan selesai pada 2023 dan sudah beroperasi.

Untuk seksi 1, Jalan Tol Serang-Rangkasbitung yang selesai dibangun sepanjang 26,5 kilometer. Selanjutnya, pembangunan akan berlanjut seksi 2 Jalan Rangkasbitung-Cileles sepanjang 24,17 kilometer, dan seksi 3 Jalan Cileles-Panimbang sepanjang 33 kilometer. (Hendra Hermawan/zai)

Back to top button