DesaHeadline

Kades Bayah Timur Banjir Karangan Bunga Ucapan dari Pejabat

LEBAK,LB – Sebanyak 263 Kepala Desa (Kades) masa periode 2021-2027 dilantik oleh Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya di halaman Pendopo Alun-alun Rangkasbitung, Rabu (3/11/2021). Salah satunya Kades Bayah Timur terpilih masa bakti 2021-2027 Rafik Rahmat Taufik yang kebanjiran karangan bunga ucapan selamat dari para pejabat penting di Banten.

Sekadar diketahui, para kades terpilih itu merupakan yang terbaik pilihan masyarakat pada kontestasi Pilkades serentak yang dilaksanakan 24 Oktober lalu. Usai pelantikan, ada pemandangan berbeda di halaman Kantor Desa Bayah Timur. Yaitu banyaknya karangan bunga ucapan selamat. Bahkan, ada ucapan selamat datang dari sejumlah pejabat tinggi di Provinsi Banten.

Karangan bunga ucapan selamat itu datang dari intansi pemerintahan, intansi vertikal, hingga lembaga legislatif. Seperti dari Gubernur Banten Wahidin Halim, Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, Ketua DPRD Banten Andra Soni. Kemudian, Wakil Ketua DPRD Banten M Nawa Said Dimyati, Walikota Serang Syafrudin, Kasubdit II DIT Intelkam Polda Banten Asep Sukandarusman, dan sejumlah organisasi profesi dan organisasi pemuda.

Hal itu menyebabkan banyaknya timbul pertanyaan terhadap sosok pria kelahiran Warung Lame, 28 Oktober 1982 itu. Mengingat, pria yang kerap disapa Afik itu cukup lama meninggalkan kampung halamannya dan kembali untuk mengabdi kepada masyarakat.

Advertisement

Melihat dari alat peraga kampanye (APK), ternyata Kades Rafik dalam kampanyenya mengusung slogan “Wauh Kanu Luhur Deket Kanu Handap” artinya kenal sama pejabat tingkat atas, dekat dengan warga bawah.

Nama Rafik kian populer di kalangan aktivis mahasiswa. Bahkan diambil dari riwayat pengalaman organisasi, Rafik adalah bagian aktivis Kumpulan Mahasiswa Lebak (Kumala), pernah menjabat Bendahara Ikatan Wartawan Online (IWO) Provinsi Banten, Wakil Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Banten.

Kemudian dari karir profesinya, putra bungsu dari almarhum Oyat Hidayat itu juga pernah menjadi stringer ANTV dari 2004-2007, Kontributor Banten TV 2007-2013, Kontributor Liputan Banten TV 2013-2015, Pimpinan Redaksi Newsmedia.co.id 2015-2017, dan CEO TitikNOL.co.id.

Sebelumnya, Rafik mengatakan, rencana program kerja akan disusun langsung pasca pelantikan dilakukan. Hal itu untuk merealisasikan janji kampanyenya kepada masyarakat.

“Setelah dilantik akan langsung menyusun rencana kerja, salah satunya melaksanakan program prioritas yang sudah disampaikan saat janji kampanye,” katanya.

Ia menyebutkan, banyak potensi yang harus digali guna meningkatkan pendapatan desa. Nantinya, potensi-potensi itu akan digagas melalui Badan Usaha Milik Desa (BumDes). Desa akan menjadi lokomotif peningkatan ekonomi, salah satunya bidang pertanian. Selain itu, ekonomi kreatif juga akan digagas guna meningkatkan penambahan pendapatan masyarakat.

“Saya ingin menjadikan Desa Bayah Timur ini mandiri dalam bidang ekonomi. Potensi pertanian sangat baik, nantinya hasil tani diproduksi sendiri lewat produksi rumahan. Sehingga, bukan hanya menambah pendapatan, tapi membuka peluang usaha dan menciptakan lapangan kerja di desa,” terangnya. (Red/TM2/zai)

Back to top button