DesaPemerintahan

Kades Sindanglaya Cinangka Pimpin Apdesi Kabupaten Serang

SERANG, LB – Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Serang menggelar Musyawarah Cabang (Muscab) ke-4 di Hotel Puri Kayana, Kota Serang, Rabu (29/6/2022). Kepala Desa (Kades) Sindanglaya, Kecamatan Cinangka M Mauludin Anwar pun terpilih sebagai Ketua Apdesi baru dengan 23 suara atau unggul 15 suara dari kompetitornya, yakni Kades Bunihara, Kecamatan Anyar Madura Roni Saputra yang hanya mendapatkan 8 suara.

Usai pemilihan, Ketua Apdesi Kabupaten Serang terpilih M Mauludin Anwar menyampaikan terima kasih kepada peserta Muscab yang sudah mempercayakan dirinya sebagai pimpinan Apdesi Kabupaten Serang yang baru.

“Alhamdulillah ini amanah yang diberikan kepada saya,” ucap Anwar.

Setelah ini, kata Anwar, pihaknya segera  menyusun struktur kepengurusan, serta mengagendakan rencana pelantikan untuk dibahas bersama-sama. Anwar berharap, seluruh kepala desa di Kabupaten Serang dapat bersama-sama membesarkan organisasi dan memajukan daerah.

Advertisement

“Wadah Apdesi itu di dalamnya semua kepala desa, kita sama-sama menjabat kepala desa, adapun ketua hanya struktural saja,” ujarnya.

Anwar juga berjanji, akan menggandeng semua kepala desa di Apdesi. Menurutnya, perbedaan pendapat di Muscab hanya sebatas proses demokrasi saja.

“Termasuk desa yang tidak memilih saya pun akan saya rangkul untuk bersama-sama lagi,” tegasnya.

Ke depan juga, kata Anwar, pihaknya ingin mempererat sinergi antara pemerintah desa dengan Pemkab Serang.

“Karena bagaimana pun pemerintah desa ini di bawah naungan Pemkab Serang,” katanya.

Menurut Anwar, untuk mewujudkan pembangunan harus ada sinergitas antara desa dan pemerintah daerah, sehingga agenda pembangunan berjalan searah.

“Kita akan bersinergi dengan pemda, mendukung penuh program-program pemda yang bermanfaat langsung untuk masyarakat,” janjinya.

Disamping itu, lanjut Anwar, pihaknya juga akan bersinergi dengan instansi lainnya, salah satunya aparat penegah hukum (APH) dalam rangka meningkatkan pengetahuan para kepala desa tentang tata kelola keuangan desa.

“Supaya para kepala desa tidak terseret dalam kasus penyalahgunaan dana desa,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, Muscab Apdesi Kabupaten Serang ke-4 dihadiri Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, Ketua DPRD Kabupaten Serang Bahrul Ulum, Ketua Karang Taruna Provinsi Banten Andika Hazrumy, Inspektur Inspektorat Kabupaten Serang Rudy Suhartanto, Asisten Daerah (Asda) I Pemkab Serang sekaligus merangkap jabatan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Serang Nanang Supriatna, Ketua Apdesi Provinsi Banten Sutawijaya, Ketua Apdesi Kabupaten Serang periode 2017-2022 Muhamad Santibi, dan pengurus Apdesi se-Provinsi Banten. (Nizar)

Back to top button