Desa

Kades Terpilih di Pandeglang Dilantik, Irna: Hilangkan Ego Politik

PANDEGLANG, LB– Sebanyak 206 Kepala Desa terpilih hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Pandeglang dilantik oleh Bupati Pandeglang Irna Narulita di Alun-alun Pandeglang, Senin (8/11/2021). Ratusan kades yang dilantik diminta menghilangkan ego politik dan merangkul calon kades yang tidak terpilih.

Jalannya pelantikan berlangsung khidmat dan menerapkan protokol kesehatan (prokes). Wajah haru dan bangga ditunjukkan para keluarga kades yang hadir menyaksikan jalannya acara pelantikan. Acara pelantikan juga menarik perhatian warga yang melintas untuk menyaksikan. Acara dihadiri unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Dalam kesempatan itu, Irna berpesan agar kades yang dilantik segera melakukan konsolidasi dengan aparat desa masing-masing dan komponen lainnnya untuk pembangunan desa. Diunkapkan Irna, hampir 60 persen kades terpilih merupakan wajah baru, sisanya petahana.

“Saya harap jangan hanya euforia, tapi rangkul kades tidak terpilih untuk sukseskan program pembangunan desa,” pesan Irna.

Advertisement

Irna meyakini, dengan melakukan konsolidasi maka akselerasi pelaksanaan program pembangunan di desa lebih terarah. Irna pun meminta, agara kades terpilih tidak memberhentikan aparat desa semena – mena.

“Hilangkan ego politik. Sekarang harus menjadi pemimpin yang dapat merangkul semua pihak. Dan pastikan masyarakat bahagia dipimpin oleh anda,” imbaunya.

Menurut Irna, jutaan impian dan harapan masyarakat desa ada pada kades. Untuk itu, kades harus segera bergerak menyelesaikan permasalahan di desa.

“Harus jadi problem solvers (pemecah masalah), bukan malah sebaliknya, dan berhati-hatilah dalam pengelolaan dana desa,” pintanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Pandeglang Doni Hermawan mengatakan, tahapan terakhir Pilkades serentak usai pelantikan adalah pembekalan dibagi tiga gelombang.

“Selasa (hari ini-red) besok langsung pembekalan, setiap gelombang 70 orang kades,” ungkapnya. (M Hafidz Fathurrohman/zai)

Back to top button