Pemerintahan

Kantor Imigrasi Kelas I Serang Simulasikan Penanganan Kebakaran

SERANG, LB– Untuk meningkatkan kewaspadaan dan tanggap terhadap bencana kebakaran, Kantor Imigrasi Kelas I Non Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Serang menggandeng Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang menggelar acara Simulasi Penanganan Bencana Kebakaran di lingkungan Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Serang, Rabu (29/9/2021).

Kegiatan dibagi dua sesi, yakni pemaparan materi dan sesi praktek lapangan. Diawali dengan pemaparan materi atau teori soal penanganan kebakaran oleh W Darmawan dari BPBD Kabupaten Serang sebagai nara sumber sekira pukul 09.00 WIB di aula Lantai II dan Halaman Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Serang.

Acara mengambil tema ‘Penanggulangan Bencana’. Setelah itu acara dilanjutkan dengan paparan dari nara sumber lainnya, yakni Memen Rusman yang juga dari Bidang Pemadam Kebakaran (Damkar) BPBD Kabupaten Serang yang mengambil tema ‘Pengenalan Alat Pamadam Api Ringan (APAR)’.

Tampak sejumlah pegawai Kantor Imigrasi serius memperhatikan paparan dari kedua nara sumber. Acara diikuti seluruh Pegawai dan PPNPN Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Serang.

Advertisement

Selesai materi, acara dilanjutkan dengan praktik lapangan. Sejumlah pegawai kantor Imigrasi memberanikan diri berhadapan langsung dengan api yang menyala.

Petugas BPBD mempraktikkannya langsung menggunakan material yang mudah dibakar dalam sebuah drum. Lalu, menyiapkan karung goni yang dibasahi air yang digunakan untuk memadamkan api. Tidak sampai di situ, petugas Damkar juga mengajarkan pegawai kantor Imigrasi cara penanganan api menggunakan APAR. Sejumlah petugas terlihat menikmati kegiatan simulasi penanganan kebakaran tersebut.

Bahkan, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Serang Victor Manurung ikut mempraktikkan cara penanganan kebakaran tersebut. Tidak hanya itu, tim Damkar BPBD juga menunjukkan cara penanganan api yang menyala di tabung gas elpiji.

Selesai acara, Victor mengaku antusias mengikuti jalannya kegiatan simulasi bencana karean mendapat ilmu baru yang bermanfaat. Ia menyambut baik kegiatan simulasi penanganan bencana kebakaran dan berterima kasih kepada BPBD Kabupaten Serang yang mau mengajarkan pegawainya cara menangani kebakaran. Dijelaskan Victor, kegiatan dilaksanakan agar seluruh pegawai kantor Imigrasi tanggap dan tidak panik ketika terjadi bencana di sekitarnya.

“Kita tidak ingin ada bencana. Tapi kita harus selalu waspada. Dengan mengetahui cara penanganan bencana seperti kebakaran yang disimulasikan tadi, kita jadi tanggap begitu ada bencana,” tutur Victor.

Ia berharap, pegawai dan PPNPN Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Serang bisa mengambil ilmunya, sehingga dapat saling membantu dan memberikan masukan ketika terjadi bencana.

Victor juga memastikan, kegiatan Simulasi Penanganan Kebakaran berlangsung aman, tertib, dan lancar sampai selesai acara. (zai)

Back to top button