Pendidikan

Kegiatan PILM dari Perpusnas Dinilai Mendongkrak Kualitas SDM

PANDEGLANG, LBBupati Pandeglang Irna Narulita menyambut kegiatan Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat (PILM) di Pandeglang yang digelar Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) yang dinilai mampu mendongkrak kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), dimana pada akhirnya akan meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Hal itu disampaikan Irna dalam sambutannya pada acara PILM di Oproom Sekretariat Daerah (Setda) Pemkab Pandeglang, Kamis (21/10/2021). Dalam acara tersebut juga diagendakan penandatanganan nota kesepakatan (MoU) antara Perpusnas RI dengan Pemkab Pandeglang serta Perguruan Tinggi di Provinsi Banten, penyerahan mobil Perpustakaan Keliling (Pusling) dari Perpusnas RI kepada Pemkab Pandeglang, serta penyerahan penghargaan dari Perpusnas RI kepada Juara 3 Lomba Bertutur Tingkat Nasional atas nama Najma Hania Yazid.

Irna mengatakan, era ekonomi kreatif saat ini semua dituntut tidak hanya cerdas, melainkan juga kreatif dan produktif. Maka dari itu, kata Irna, perpustakaan berperan penting dalam pelestarian ilmu pengetahuan, informasi, pendidikan, penelitian, bahkan termasuk rekreasi.

Menurut Irna, PILM selaras dengan visi-misi Pemkab Pandeglang periode keduanya, yaitu Pandeglang berkah, berdaya saing, dan sejahtera. Daya saing, dijelaskan Irna, merupakan kemampuan daerah untuk berkompetisi dalam pengelolaan berbagai potensi ekonomi.

Advertisement

“Jadi, kegiatan ini akan menjadi pendongkrak kualitas SDM yang pada akhirnya akan meningkatkan IPM di Pandeglang,” terang mantan anggota DPR RI ini.

Lantaran itu, Irna menyambut baik program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial yang dilaksanakan Perpusnas RI itu, Irna pun mengucapkan terima kasih kepada Perpusnas RI dan Komisi X DPR RI yang telah memberikan bantuan program-program perpustakaan, bantuan mobil perpustakaan keliling, dan bantuan pojok baca digital untuk Pandeglang.

“Juga terima kasih atas penghargaan kepada Ananda Najma Hania Yazid yang menjadi juara ke-3 lomba betutur tingkat nasional tahun 2021,” ucapnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya (SDM) Perpustakaan Perpusnas RI Deni Kurniadi mengatakan, kegiatan PLIM akan memberikan manfaat dan kesadaran, serta pemahaman pemerintah daerah tentang pentingnya pembangunan literasi masyarakat dalam meningkatkan daya saing daerah

Kata Deni, elaborasi nawa cita sebagai visi misi pembangunan presiden menghasilkan tujuh agenda pembangunan. Di antaranya meningkatnya SDM berkualitas, dimana nafas dari ketujuh agenda pembangunan yaitu membangun SDM kreatif, dinamis, produktif, terampil, menguasai Iptek, didukung talenta global.

Bangsa yang cerdas, menurut Deni, ditandai tingkat pendidikan dan kemampuan literasi. Dikatakan Deni, pendidikan dan literasi merupakan bagian dari pembangunan manusia yang dapat membuka jalan untuk memutus mata rantai kemiskinan di masyarakat.

“Kami pemerintah terus meneguhkan komitmen untuk berinvestasi dalam pembangunan manusia dan menempatkan pendidikan serta sektor sosial-budaya, termasuk literasi pada posisi sentral dalam kebijakan dan program pembangunan nasional,” ujarnya.

Diketahui, kegiatan juga dihadiri Anggota Komisi X DPR RI Ali Zamroni, Ketua DPRD Pandeglang Udi Juhdi, Perwakilan Perpustakaan Daerah (Perpusda) Provinsi Banten, Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Pandeglang Taufik Hidayat, Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Pandeglang Kurnia Satriawan, Pimpinan Perguruan Tinggi, dan para Penggiat Literasi. (M Hafidz Fathurrohman/zai)

Back to top button