Kesehatan

Swab Antigen Gratis Disambut Antusias Warga Desa Parungsari

LEBAK, LBC- Desa Parungsari, Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak menggelar kegiatan Swab Antigen gratis di Aula Madrasah Diniyah Takmiliah (MDT) Mathlaul Anwar, tepatnya di Kampung Cisonggom, Desa Parungsari yang dijadikan Posko Swab, Selasa (3/8/2021). Kegiatan merupakan tindak lanjut banyaknya permintaan warga yang khawatir dengan tingginya kasus Covid-19 di Lebak. Kegiatan disambut antusias warga.

Pantauan lingkarbanten.com, kegiatan Swab Antigen diikuti warga dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes). Warga juga tampak antusias saat mengikuti screening test Covid-19 tersebut.

Salah satu warga Kampung Cisonggom, Sayuti mengaku sengaja datang untuk mengikuti tes Swab Antigen. Dia mengaku ingin di Swab Antigen karena khawatir terpapar virus Covid-19.

“Iya ingin ngecek saja. Soalnya takut terpapar corona. Apalagi infonya sekarang ini ada beberapa warga yang terpapar Covid-19,” ujarnya kepada wartawan di sela-sela kegiatan.

Advertisement

Menurutnya, layanan Swab Antigen gratis sangat membantu warga di wilayahnya. Terutama bagi warga yang ingin mengetahui dan memastikan apakah mereka terpapar Covid-19 atau tidak.

“Mudah-mudahan kegiatan ini bisa terus dilakukan agar warga dapat dengan mudah mengetahui kondisi kesehatannya,” harapnya.

Sementara itu, salah satu Perangkat Desa Parungsari Asep Ridwan menjelaskan, diadakannya kegiatan tes Swab Antigen gratis itu sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, terutama di wilayah Desa Parungsari. Untuk itu, pihaknya sengaja memfasilitasi kegiatan melibatkan tenaga kesehatan dari Puskesmas Pajagan dibantu Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan Bhayangkara Pembinaan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas), serta stakeholder lainnya. Kegiatan tersebut, lanjut Asep, merupakan tindak lanjut dari banyaknya permintaan warga yang merasa khawatir dengan tingginya kasus Covid-19 yang ada di wilayah Kabupaten Lebak.

“Swab test ini merupakan permintaan warga desa dan tokoh masyarakat lantaran khawatir terpapar virus corona. Tes ini kita gratiskan bagi siapa saja yang ingin mengikuti tes Swab di lokasi ini,” jelasnya.

Asep berharap agar warga Desa Parungsari tetap menjaga kesehatan dengan mengikuti prokes yang telah ditetapkan pemerintah, guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. (Den/zai).

Back to top button