Kesehatan

Kejar Target Vaksinasi, Camat dan Kepala Puskesmas Dievaluasi

SERANG, LB– Guna mengejar percepatan capaian persentase vaksinasi sesuai target Bupati Serang untuk bisa mengejar 1.000 vaksin per hari, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang melakukan rapat evaluasi kepada camat dan kepala puskesmas.

Rabu (10/11/2021), Pemkab Serang langsung melakukan rapat evaluasi bersama para camat dan puskesmas di aula Tb Suwandi Pemkab Serang. Rapat dipimpin Asisten Daerah (Asda) I Pemkab Serang Bidang Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Nanang Supriatna.

Nanang mengatakan, pihaknya terus melakukan berbagai upaya melakukan vaksinasi kepada masyarakat. Baik melalui gebyar maupun rutin vaksinasi yang dilakukan di 31 puskesmas di 29 kecamatan.

“Sesuai target Ibu Bupati, kami mengejar 1.000 suntikan vaksin per hari di setiap desa atau kecamatan. itu kami tekankan kepada camat dan kepala puskesmas,” ungkap mantan Camat Waringinkurung ini dalam keterangan tertulis, kemarin.

Advertisement

Dijelaskan Nanang, tekanan terhadap camat dan kepala puskesmas pada rapat evaluasi untuk meningkatkan kinerja dalam pencapaian kegiatan vaksinasi agar lebih maksimal.

“Mereka (camat dan kepala puskesmas-red) sudah bergerak, sudah berupaya, tapi capaiannya masih kurang, dan itu selain kita hargai, juga kita dorong para camat,” terang mantan Camat Ciruas ini.

Ia berharap, dengan potensi yang ada di wilayah, maka harus dilakukan koordinasi dengan baik bersama para Kepala Desa (Kades), Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam), dan juga seluruh komponen Sumber Daya Manusia (SDM), dan SDM sosial ekonomi agar terus ditingkatkan.

Strateginya, sambung Nanang, masing-masing sasaran menjadi gebyar di tingkat kecamatan dan dibantu oleh Pemkab Serang.

“Tapi, fokus kepada para camat dengan kepala puskesmas ke desa-desa. Jadi nanti target per hari per desa sasarannya minimal 1.000 vaksinasi setiap hari,” jelasnya.

Kata Nanang, pihaknya langsung memberikan intruksi langsung kepada para camat dan kepala puskesmas, karena target itu merupakan atensi langsung dari Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah yang peduli terhadap vaksinasi.

Kata Nanang, para camat juga menyampaikan permasalahan dan kendala dalam proses vaksinasi.

“Permasalahannya ada beberapa yang kaitannya dengan teknis maupun sasaran masyarakatnya,” jelas mantan Camat Kibin ini.

Guna merealisasikan capaian itu, pihaknya mendorong para camat untuk mengatasi perasalahan atau kendalanya. Ke depan, tambah Nanang, akan ada evaluasi setiap pekan. Bagi camat yang menunjukkan kinerja baik, maka akan diberikan reward. Sebaliknya bagi camat yang capainnya kurang baik akan terus didorong.

“Tapi, kalau sudah berkali-kali masih juga begitu (kurang baik-red), berarti perlu dievaluasi kinerja camatnya,” ancamnya.

Nanang menambahkan, saat ini ada tujuh kecamatan yang capaian vaksinasinya masih rendah atau di bawah 30 persen.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serang dr Agus Sukmayadi yang juga hadir pada rapat evaluasi mengatakan, pihaknya melakukan beberapa perubahan cara, tidak lagi menunggu pelayanan kesehatan datang, melainkan pendekatan langsung ke akses sasaran.

“Jadi teman-teman nakes (tenaga kesehatan) di desa, kampung-kampung atau RT mendatangi sasaran, terutama lansia (lanjut usia). Kita sudah targetkan setiap kecamatan, puskesmas untuk melakukan 1.000 vaksinasi setiap harinya,” katanya.

Diketahui, terhitung Rabu, 10 November 2021 capaian vaksinasi di Kabupaten Serang baru 963.534 orang atau 38,24 persen warga yang memiliki Kartu Tanda Penduduk untuk dosis satu, dosis dua, dan dosis tiga dari target sasaran sebanyak 1.259.754 orang berdasarkan data Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN). (zai)

Back to top button