HeadlineHukrim

Kejari Tangerang Terima Berkas 14 Tersangka Kasus Karantina Kesehatan

TANGERANG, LBC – Kejaksaaan Negeri (Kejari) Tangerang menerima berkas kasus penyelundupan Warga Negara Asing (WNA) melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) dari Polres Bandara Soetta, Selasa (31/8/2021). Sebanyak 14 tersangka yang terlibat dalam kasus tersebut, terdiri atas tujuh warga negara India dan tujuh warga negara Indonesia (WNI) berikut barang buktinya yang diterima Kejari.

Kepada wartawan, Kepala Kejari (Kajari) Kota Tangerang I Dewa Gede Wirajana mengungkapkan, pihaknya menerima berkas kasus penyelundupan WNA dari Bandara Internasional Soetta yang melibatkan 14 tersangka WN India dan WN Indonesia berikut barang bukti.

“Para pelaku melanggar pasal 93 UU no 6 tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan. Para tersangka tidak menjalani karantina kesehatan ketika tiba di Indonesia pada April 2021 lalu,” ungkapnya.

Untuk peran WN Indonesia, dijelaskan pejabat yang akrab disapa Wira itu, yakni membantu melancarkan WN India untuk tidak menjalani karantina kesehatan.

Advertisement

“Jadi mereka (tersangka-red) setelah tiba di bandara dibantu tersangka dari Indonesia langsung ke tempat tinggalnya, apartemen dan rumahnya masing-maisng,” jelasnya.

Disebutkan Wira, yang diserahkan oleh penyidik kepolisian yaitu barang bukti berupa dokumen-dokumen seperti paspor, visa, dan sebagainya. Wira melanjutkan, kasus ini selanjutnya akan diserahkan ke Pengadilan Tangerang untuk menjalani persidangan. Kata Wira, tersangka WNA tidak langsung dideportasi lantaran harus menjalani persidangan terlebih dahulu. Untuk ancaman hukumannya, disampaikan Wira, hanya satu tahun kurungan penjara. Namun, menurut Wira, para tersangka tidak akan dilakukan penahanan, melainkan wajib lapor. Saat ini administrasi serta surat dakwaan juga sedang dirampungkan.

“Secepatnya kami limpahkan ke pengadilan (kasus penyelundupan-red). Tentunya wajib lapor ya, kami limpahkan sambil menunggu proses sidang dia wajib lapor,” pungkasnya. (Eky Fajrin/zai)

WN India dan WNI tersangka kejahatan karantina kesehatan diamankan.

Back to top button