UMKM

Kembangkan UMKM, Disdaginkukm Kota Serang Dorong Kepemilikan NIB

SERANG, LBC–  Dinas Perdagangan Industri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdaginkukm) Kota Serang meminta para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Serang memiliki Nomor Izin Berusaha (NIB) sebagai strategi mendorong usaha para pelaku UMKM tersebut berkembang.

Sekretaris Disdaginkukm Kota Serang Uum Rohmat mengungkapkan, pelaku UMKM di Kota Serang pada 2020 tercatat ada 10.008. Namun, kata Uum, yang menerima bantuan stimulus sebesar Rp500 ribu di Kota Serang hanya 9.968 pelaku UMKM atau masih ada 40 pelaku UMKM yang tidak menerima bantuan karena beberapa hal, mulai dari tidak memiliki kartu tanda penduduk (KTP) Kota Serang, terdata sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) atau personil TNI-Polri, serta tidak memiliki NIB.

“Nah yang 40 pelaku UMKM itu tidak memiliki NIB. Makanya, tahun ini kita galakkan NIB itu agar berkembang,” ujar Uum saat ditemui lingkarbanten.com di ruang kerjanya, Kantor Disdaginkukm Kota Serang, Jalan Letnan Jidun, Kepandean, Kecamatan Taktakan, Kota Serang, Jumat (27/8/2021).

Diakui Uum, sampai saat ini kepemilikan NIB bagi para pelaku UMKM di Kota Serang masih menjadi kendala. Padahal, untuk mengembangkan usaha mulai dari pemasaran produk maupun permodalan terhambat persoalan izin tersebut.

Advertisement

“Kelebihan memiki izin itu (NNIB-red), nanti pelaku UMKM memiliki jaminan kepastian secara hukum, baik dalam persoalan pemasaran maupun permodalan,” jelasnya.

Tahun ini, diungkapkan Uum, pihaknya mengajukan Bantuan Permodalan Usaha Menengah (BPUM) dari pemerintah pusat. Untuk tahap pertama diusulkan pada April 2021 sebanyak 6.457 UMKM, tahap kedua pada Juni 2021 sebanyak 6.698 UMKM, dan tahap ketiga pada Agustus sebanyak 3.082 UMKM.

“Kalau ditotal dari tahap pertama sampai tahap ketiga yang disusulkan ada 16.237 UMKM. Namun keputusannya di pemerintah pusat, kita hanya mengajukan,” tandasnya. (Sofi Mahalali/zai)

Back to top button