Nasional

Kementerian ATR BPN Tertibkan TPS Liar di Sepadan Sungai Cisadane

TANGERANG, LB– Kementerian Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (ATR BPN) gencar menertibkan bangunan dan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) liar di sepadan Sungai Cisadane, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang. Itu diperkuat adanya plang larangan pendirian bangunan di sepadan sungai oleh pemerintah daerah (pemda).

Selasa (9/11/2021), Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) Penegakkan Hukum dan Penanganan Sengketa Wilayah Jawa-Bali Direktorat Penertiban Pemanfaatan Ruang Direktorat Jenderal (Dirjen) Pengendalian dan Penertiban Tanah Ruang (PPTR) Kementerian ATR BPN Stefanus E Pramuji meninjau Sepadan Sungai Cisadane, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang.

Stefanus menjelaskan, kegiatan fasilitasi penertiban pemanfaatan ruang untuk menguatkan pemerintah daerah melakukan penegakkan hukum bidang penataan ruang, terutama bidang pemanfatannya.

Katanya, ada tiga TPS liar yang dipasang plang bertuliskan larangan mendirikan bangunan yang tidak sesuai Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 12 Tentang RTRW, dimana seharusnya sepadan sungai sampai 20 meter tidak boleh ada pemanfaatan.

Advertisement

Katanya, sanksi keberadaan pembangunan menjadi kewenangan pemerintah daerah.

“Kita peringatkan dulu. Sebenernya ini kewenangan pemda yang harusnya melakukan tindakan. Tapi ini tidak mudah, seperti membalikkan tangan, perlu kolaborasi pemerintah, masyarakat, dan pengelola, serta instansi lainnya,” terang Stefanus.

Pihaknya juga mengedepankan pola sosialisasi kepada warga, seperti yang dilakukan di wilayah RW 01 dekat sepadan sungai yang akhirnya mau membersihkan sampah dan merapikan sepadan sungai.

Kendati demikian, diakui Stefanus, hal itu tidak mudah dan membutuhkan waktu.

“Kita berusaha mengenakan sanksi, tapi sanksi yang terakhir yaitu pemulihan fungsi ruangnya,” tandasnya. (Eky Fajrin/zai)

Back to top button