Peristiwa

Korsleting Listrik, Rumah di Pabuaran Kabupaten Serang Ludes Terbakar

SERANG, LBC –Satu rumah semi permanen di Kampung Cijeblok Jeruk RT08/02 Desa Telagawarna, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang, ludes terbakar, Minggu (29/8/2021) pagi sekira pukul 04:50 WIB. Dugaan sementara, kebakaran terjadi akibat korsleting listrik.

Di lokasi kejadian api sudah padam dan dipasang garis polisi. Masih terlihat asap di lokasi kejadian dan kondisi rumah sudah rata dengan tanah. Tampak sejumlah warga mencari barang yang masih bisa dipakai.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Kabupaten Serang Nana Sukmana Kusuma mengatakan, pihaknya menerima laporan adanya kebakaran di wilayah Pabuaran dari Bintara Pembina Desa (Babinsa) setempat Serda Denny Rahmatullah. Berdasarkan kronologi kejadian yang dilaporkan kepada BPBD, kata Nana, diawali pemilik rumah yang sedang tidur sekira pukul 03.00 WIB. Namun sekira pukul 04:00 WB pemilik rumah terbangun karena melihat percikan api yang berasal dari kabel listrik. Tak berapa lama, api membesar dan merambat ke bahan yang mudah terbakar di dalam rumah.

“Jadi, kebakaran itu akibat korleting listrik,” ungkap Nana yang dikonfirmasi melalui sambungan telepon seluler, Minggu (29/8/2021).

Advertisement

Nana memastikan, kebakaran tidak sampai menimbulkan korban jiwa, karena pemilik berhasil menyelematkan diri keluar rumah begitu melihat api yang membakar rumahnya. Kata Nana, api berhasil dipadamkan oleh warga dengan peralatan seadanya. Atas kejadian itu, lanjut Nana, rumah semi permanen mengalami rusak berat.

“Kerugian akibat kebakaran kurang lebih Rp30 Juta dan rumah kondisinya rusak berat, ludes,” terang mantan Asisten Daerah (Asda) I Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang ini.  

Nana melanjutkan, pihaknya berkoordinasi dengan pihak pelapor sekira pukul 13.28 WIB dan langsung terjun ke lapangan melakukan validasi data kejadian.

“Pemilik rumah saat ini sementara tinggal bersama saudaranya,” katanya.

Atas peristiwa itu, Nana pun mengimbau warga agar selalu waspada dan memperhatikan kabel listrik di rumahnya memastikan kalau kondisinya aman dan standar SNI. (zai)

Back to top button