HeadlineHukrim

Korupsi Dana Desa, Mantan Kades Telaga Mancak Diseret Kejari Serang

SERANG, LB – Mantan Kepala Desa Telaga, Kecamatan Mancak, Kabupaten Serang, Habibullah ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Serang atas kasus dugaan korupsi dana desa tahun 2019- 2020. Saat ini Habibullah ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Polres Serang Kota.

“Kita tetapkan mantan Kedes Telaga sebagai tersangka korupsi dana desa tahun 2019-2020 dan kita lakukan penahanan selama 20 hari ke depan di Rutan Polres Serang Kota,” ungkap Kasi Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Serang Jonitrianto Andra kepada awak media, Rabu (6/10/2021).

Sebelum menetapkan Habibullah sebagai tersangka, kata Andra, penyidik sudah melakukan pemeriksaan kepada 24 orang saksi dari perangkat desa serta pengusaha. Lebih lanjut Andra menjelaskan, tersangka diduga melakukan beberapa proyek infastruktur fiktif di desanya, seperti pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT).

Selain itu, lanjut Andra, pekerjaan beberapa pembangunan jalan dan gorong-gorong yang tidak sesuai spesifikasi dengan memanipulasi laporan pertanggungjawaban atau mark up harga barang oleh tersangka.

Advertisement

“Jadi, ada kegiatan fiktif, seperti pembangunan lima TPT, tapi dikerjakan hanya satu saja (satu TPT-red). Ada juga pembangunan jalan tidak sesuai RAB (rencana anggaran biaya), dibuat mahal harganya, kemudian dicairkannya penuh, pajak juga tidak dbayarkan,” beber Andra.

Diungkapkan Andra, uang hasil korupsi digunakan tersangka untuk kepentingan pribadinya, termasuk membayar utang.

“Pengakuan sementara tersangka, uang itu digunakan untuk bayar utang. Akibat perbuatan tersangka, negara dirugikan Rp493 juta,” paparnya.

Diketahui, pada 2019-2020 Desa Telaga, Kecamatan Mancak, Kabupaten Serang mendapatkan alokasi dana desa senilai Rp2,6 miliar. (Denmawar Hasanudin/zai)

Back to top button