Pemerintahan

KPU Minta Lahan untuk Bangun Sekretariat di Puspemkab Serang

SERANG, LBC – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serang meminta lahan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang untuk membangun gedung Sekretariat dan Gudang KPU di Pusat Pemerintahan Kabupaten (Puspemkab) Serang. Lahan yang dibutuhkan seluas 5 ribu meter.

Hal itu terungkap saat KPU Kabupaten Serang menggelar audiensi dengan jajaran Pemkab Serang di aula Brigjend KH Syam’un Pemkab Serang, Senin (6/9/2021). Hadir Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa, Asisten Daerah (Asda) I Pemkab Serang Nanang Supriatna, Komisioner KPU Banten dan Komisioner KPU Kabupaten Serang,

Ketua KPU Kabupaten Serang Abidin Nasyar mengatakan, kedatangannya ke Pemkab Serang untuk audensi berkaitan dengan pengajuan lahan untuk pembangunan gedung sekretariat dan gudang KPU. Pihaknya meminta lahan karena kondisi gedung Sekretariat KPU Kabupaten Serang saat ini yang berlokasi di Jalan Kitapa Nomor 33 Cilame, Kota Serang, dinilai Abidin, sudah tidak representatif.

“Makanya kami minta lahan kepada pemda untuk kita bangun gedung sekretariat dan gudang KPU di Puspemkab Serang,” terang Abidin dalam siaran pers yang disampaikan Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosatik) Kabupaten Serang.

Advertisement

Untuk kebutuhan lahannya, disebutkan Abidin, seluas 5 ribu meter.

“Karena kami juga butuh gudang, makanya mengajukan lahan 5 ribu meter,” jelasnya.

Lebih lanjut Komisioner KPU Kabupaten Serang dua periode ini mengatakan, jika permohonan soal permintaan lahan sudah disetujui Pemkab Serang, selanjutnya KPU akan mengajukan untuk pembangunan fisiknya kepada KPU RI.

“Kita ajukan ke KPU Pusat untuk fisiknya dan meminta lahan ke Pemda biar klop. Target kita 2023 terwujud gedung KPU, mengingat kantor saat ini kita masih pinjam pakai dengan pemda,” targetnya.

Menanggapi itu, Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa menegaskan, pada prinsipnya Pemkab Serang siap memfasilitasi lahan untuk pembangunan gedung sekretariat dan gudang KPU.

“Cuma kita hanya menyiapkan lahannya saja, pembangunan atau kontruksinya nanti KPU akan mengajukan ke KPU Pusat dari APBN,” tegas mantan birokrat ini.

Terkait permohonan lahan seluas 5 ribu meter, kata Pandji, pihaknya akan melihat dulu secara proporsional permintaan itu sesuai urgensinya. Karena, menurut Pandji, tidak semua lahan 5 ribu meter diperuntukkan gedung secretariat dan gudang.

“Pastinya untuk fasos fasum (fasilitas sosial dan fasilitas umum)-nya juga,” tukas Ketua Badan Narkotika Kabupatenn (BNK) Serang ini.

Oleh karena itu, lanjut Pandji, pihaknya akan menunggu sampai site plan selesai terlebih dahulu untuk memastikan pemberian lahan untuk KPU di Puspemkab Serang.

“Sebelum akhir 2021 site plan selesai. Kalau site plan sudah selesai, kelihatan lahan untuk kejaksaan, parpol (partai politik), pengadilan akan muncul di site plan, termasuk untuk gedung KPU,”  tandas Ketua Organisasi Radio Amatir Indonesia (Orari) Banten ini. (zai)

Back to top button