Desa

Krisis Air Bersih, Pamsimas Dibangun di Desa Karangsetra Pandeglang

PANDEGLANG, LB– Sering mengalami krisis air bersih, Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) dibangun di Desa Karangsetra, Kecamatan Koroncong, Kabupaten Serang dan menelan biaya sebesar Rp245 juta dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Sekadar informasi, Pamsimas merupakan program pembangunan air minum dan sanitasi perdesaan yang dilaksanakan dengan pendekatan berbasis masyarakat.

Kepala Desa Karangsetra, Mahdar mengatakan, Pamsimas selesai dibangun oleh Kelompok Kwasadayan Masyarakat (KKM) di wilayahnya. Dijelaskan Mahdar, pembangunan Pamsimas untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat di wilayahnya.

Alhamdulillah, Pamsimas di desa kami sudah selesai dibangun dan dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan air bersih di dua RT (Rukun Tetangga) kurang lebih 50 KK (Kepala Keluarga). Pengelolaannya saya serahkan kepada KKM setempat,” ujar Mahdar saat ditemui Lingkarbanten.com di ruang kerjanya, Rabu (29/09/2021).

Advertisement

Ketua KKM Desa Karangsetra Cecep Saepullah menambahkan, program penyediaan air bersih untuk masyarakat itu sudah sesuai rencana. Program Pamsimas, disebutkan Cecep, meliputi pembangunan Tempat Cuci Tangan (TCT) di tempat umum, peningkatan kapasitas masyarakat, peningkatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di masyarakat, peningkatan PHBS di sekolah, dan biaya operasional (BOP).

“Sekarang sarana air minum untuk pengembangan ke dusun sebelah sudah terbangun di desa mereka. Masyarakat sudah enggak kesusahan lagi memenuhi kebutuhan air bersih untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari,’ ujar Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Karangsetra tersebut.

Salah satu warga setempat, Sobri menilai, pembangunan Pamsimas sangat membantu masyarakat, karena wilayahnya sering krisis air bersih, terutama saat musim kemarau.

“Sangat terbantu dengan adanya program pemerintah pusat itu. Jadi, masyarakat sekarang sudah tidak sulit lagi mencari air,” akunya. (M Hafidz Fathurrohman/zai)

Back to top button