Pemerintahan

Linmas Disiapsiagakan Bantu Polisi Amankan Pilkades Serentak

PANDEGLANG,LB – Jelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Pandeglang Serentak yang akan diselenggarakan pada Minggu (17/10/2021, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Saketi, Pandeglang menggelar apel pembinaan kesiapsiagaan anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) di halaman Kantor Kecamatan Saketi, Pandeglang, Jumat (15/10/2021). Anggota Linmas akan bertugas membantu pengamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pilkades.

Apel dipimpin Camat Saketi Hasan Bisri mengapresiasi anggota Linmas di Kecamatan Saketi yang sudah mengikuti apel kesiapsiagaan pengamanan Pilkades serentak. Hasan berpesan, anggota Linmas dalam pengamanan di TPS harus peka dan tanggap untuk menjaga ketertiban, serta mendahulukan pemilih lanjut usia (lansia) dan ibu hamil. Hasan juga meminta, Linmas menjaga disiplin protokol kesehatan (prokes) agar tidak terjadi kluster baru Covid-19.

“Terutama harus tetap melekat menjaga kotak suara dari TPS sampai ke desa,” pesannya.

Dalam kesempatan itu juga, anggota berseregam hijau hijau itu juga diberikan pembekalan ilmu pengetahuan dan latihan baris berbaris agar dalam pelaksanaan tugas pengamanan di TPS maksimal.

Advertisement

Di tempat yang sama, Kapolsek Saketi AKP Heru Ridartono menilai, apel kesiapsiagaan anggota Linmas penting agar dalam pelaksanaan Pilkades berjalan lancar dan tetap mematuhi prokes.

“Karena masih pandemi, sinergitas TNI-Polri dan masyarakat harus mendukung terciptanya situasi yang aman damai dan lancar,” ujarnya.

Terpisah, Kapolsek Jiput AKP Dadan Hamdani melakukan pengecekan perlengkapan anggota Linmas dan memberikan pelatihan dasar kedisiplinan dan memberikan materi Peraturan Baris Berbaris (PBB), juga sistem pengamanan lingkungan atau siskamling. Itu untuk menumbuhkan rasa kebersamaan antara anggota Linmas dan memupuk rasa disiplin tentang tugas pokok dan fungsi (tupolsi) yang bertanggung jawab dengan keamanan ketertiban desa.

“Kita berikan beberapa materi dasar seperti cara baris berbaris, penghormatan yang benar dalam bentuk ikatan pasukan, serta memberikan imbauan Kamtibmas jelang pemungutan suara Pilkades tanggal 17 Oktober nanti,” ujar Dadan saat melakukan pembinaan kepada anggota Linmas di halaman Kantor Kecamatan Jiput.

Dadan juga mengingatkan, anggota yang dikenal sebagai hansip ini dalam pengamanan di TPS harus mempunyai peran lebih optimal, terutama menjaga prokes selama pelaksanaan pemungutan suara.

“Harapan kami, pelaksanaan Pilkades serentak khususnya di wilayah Pandeglang berjalan aman, lancar, dan kondusif,” harapnya. (M Hafidz Fathurrohman/zai)

Back to top button