Peristiwa

Lupa Mematikan Arang Menyala, 2 Ruko Ludes Terbakar

SERANG, LBKebakaran Ruko yang terjadi di Kampung. Pengarengan RT 01/04, Desa Pejaten, Kecamatan Kramatwatu, Serang. Kamis (14/10/2021). Pada pukul 14:46 WIB. Penyebab terjadinya kebakaran karena salah seorang karyawan rumah makan lupa mematikan arang yang masih menyala. Tidak ada korban jiwa. Namun kerugian ditaksir mencapai kurang lebih Rp. 30 Juta.

Pantauan Lingkarbanten.com di lokasi kejadian, beberapa petugas pemadam kebakaran (Damkar) BPBD sedang melakukan pemadaman api di lokasi kejadian. Kejadian tersebut di akibatkan oleh human error.

Bapak Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan bencana Daerah mengatakan, kebakaran diakibatkan oleh salah seorang karyawan Rumah makan di salah satu ruko yang lupa mematikan arang yang masih menyala sehingga menyebabkan terjadinya kebakaran yang merambat pada ruko di sebelahnya.

Berdasarkan kronologi kejadian, kebakaran diawali karyawan yang lupa mematikan arang yang masih menyala.

Advertisement

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Serang Nana Sukmana Kusuma mengatakan, pihaknya menerima laporan kebakaran dari Kepala Desa soal kebakaran ruko pada pukul 14.40 WIB. Sekira satu jam kemudian, pihaknya menerjunkan personil Damkar berikut Armada Water Foam berkapasitas 5.500 liter ke lokasi kejadian. Kata Nana, pihaknya baru bisa memadamkan api sekira 28 menit kemudian. Saat ini, sambung Nana, petugas BPBD sedang melakukan pendinginan dan assessment di lokasi kejadian.

“Kejadian ini tidak sampai memakan korban jiwa. Namun ada kerugian yang ditaksir sekitar kurang lebih Rp30 juta. Karena ada dua ruko yang terbakar. Satu rumah makan, satu lagi kantor notaris. Untuk penyebab kebakaran, kita masih tahap penyelidikan,” ujarnya.

Pihaknya juga dibantu oleh anggota koramil dan polsek daerah setempat, pemerintah desa, dan juga warga dalam melakukan pemadaman api.

“Saya imbau warga jangan sampai lupa untuk mengecek seluruh ruangan tempat tinggal sebelum bepergian agar kejadian seperti ini tidak terulang lagi,” (Tiara/zai)

Back to top button