Pemerintahan

Maksimalkan Pelayanan, P2TP2A Kota Tangerang Didorong Menjadi UPT

TANGERANG, LB– Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) yang berada di bawah naungan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Tangerang didorong menjadi Unit Pelaksana Teknis (UPT) agar pelayanan kepada masyarakat lebih maksimal.

Demikian disampaikan Anggota Komisi II DPRD Kota Tangerang Saiful Milah dalam sebuah acara diskusi bersama wartawan di salah satu cafe di Kota Tangerang, Rabu (6/20/2021). Politisi Golkar itu mengatakan, P2TP2A di Kota Tangerang beranggotakan para relawan yang dinilai berdampak terhadap pelayanan kepada masyarakat kurang optimal. Untuk itu, Saiful mendorong P2TP2A dijadikan UPT sehingga dapat diisi juga oleh pegawai Aparatur Sipil Negera (ASN).

“Kalau diisi relawan, justru menjadi pertanyaan, sejauh mana nantinya kerelaan mereka bertugas. Tapi yang terpenting adalah bagaimana pelayanan bisa maksimal,” ujarnya.

Menurut Saiful, hanya Kota Tangerang P2TP2A masih belum menjadi UPT di Provinsi Banten. Kondisi itu berdampak respon pemerintah terhadap kasus-kasus terkait lebih lamban dibandingkan kota kabupaten lainnya di Banten.

Advertisement

Kaitan anggaran, kata Saiful, pihaknya bisa dikoordinasikan dengan DPRD untuk mendukung kebijakan itu.

Di tempat yang sama, Kepala DP3AP2KB Kota Tangerang Jatmiko mengatakan hal senada. Pihaknya sempat mengajukan P2TP2A diproses untuk menjadi UPT. Namun, pihaknya terkendala dengan adanya rencana likuidasi UPT di Pemerintah Provinsi Banten.

“Kami sudah usulkan pengajuannya, seiring semakin tingginya kesadaran warga dalam melaporkan tindak kekerasan perempuan dan anak,” akunya.

Jatmiko optimistis, pihaknya bisa memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. Mulai dari penerimaan laporan hingga pendampingan para korban tidak dikenakan biaya.

“Bagi korban, kami lakukan hingga pendampingan dari psikolog, itu biaya pemerintah Kota Tangerang yang menanggung,” tegasnya. (Eky Fajrin/zai)

Back to top button