Milenial

Masa Pandemi Covid-19, PMA Banten Dikenalkan ke Publik

SERANG, LBCPerencana Muda Airlangga (PMA) Banten resmi diperkenalkan kepada public melalui acara Meet The Planner di Aula PMI Provinsi Banten, Kalodran, Kota Serang, Kamis (23/9/2021). Kelompok ini menjadi salah satu kekuatan pemuda bangkit pada masa pandemi Covid-19 saat ini.

Sedikitnya 50 pemuda di Banten mengikuti perkenalan program yang mengusung tema ‘Wawasan Kebangsaan Merencanakan Indonesia’.

Sekadar informasi, PMA merupakan wadah para pemuda untuk berkreasi, berinovasi, dan merencanakan masa depan. PMA berada di bawah binaan tokoh nasional Airlangga Hartarto.

Master Of Planner PMA Banten Fitron Nur Ikhsan mengatakan, program ini akan dilakukan di seluruh Indonesia. Saat ini, baru dilakukan di Provinsi Banten dan Jawa Barat.

Advertisement

Ia mengatakan, PMA merupakan wadah pembinaan para pemuda. Melalui program ini, akan dilakukan pembinaan kepada para pemuda sehingga dapat merencanakan Indonesia dan masa depannya.

Secara teknis, kata dia, PMA mencari 155 pemuda di Banten pada 2022. Yakni, satu pemuda di masing-masing kecamatan. Kemudian, mereka akan dididik selama enam bulan.

“Mereka akan diberikan edukasi kemampuan publik speaking, digital marketing, leadership, hingga kebijakan publik,” katanya.

Kemudian, para peserta juga akan mengikuti challange dengan mencari masalah di wilayahnya masing-masing. Lalu, diminta untuk menentukan solusinya.

“Jadi, kami ingin membentuk karakter pemuda yang peka terhadap masalah di wilayahnya, kemudian juga dapat mencarikan solusi atas permasalahan tersebut,” terangnya.

Dari para peserta itu, akan ditentukan peserta favorit. PMA juga akan memberikan reward kepada para peserta favorit. Untuk tingkat kabupaten/kota diberikan reward sebesarRp20 juta, sementara tingkat provinsi sebesar Rp50 juta.

Ia berharap, pemuda yang hadir pada acara dapat menjadi sumber informasi di wilayahnya masing-masing, sehingga informasi itu tersebarluaskan kepada kaum muda lainnya. (zai)

Back to top button