Pemerintahan

Masih Zona Merah Level 3, Pemkab Lebak Kembali Perpanjang PPKM

LEBAK, LBC- Guna memutus rantai penyebaran Covid-19 dan wilayah masih status zona merah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak kembali memperpanjang masa Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga 9 Agustus 2021 mendatang.

Kepala Seksi (Kasi) Operasi dan Pengendalian (Opdal) Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Lebak Anna Wahyudin mengatakan, status wilayahnya saat ini masih zona merah level 3. Lantaran itu, pihaknya menerapkan perpanjangan PPKM untuk menekan penyebaran Covid-19 di Lebak, mengingat wilayah masih beresiko penyebaran kasusnya tinggi.

“Betul per hari ini (Selasa 3 sampai 9 Agustus 2021-red) PPKM Level 3 diperpanjang. Tapi untuk teknisnya kita masih menunggu Inbup (Intruksi Bupati-red) dan Ingub (Intruksi Gubernur-red). Mudah-mudahan hari ini keluar,” harap Anna saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Selasa (03/08/2021).

Setelah keputusan perpanjangan, sambung Anna, Satgas Percepatan dan Penanganan Covid-19 akan intens melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar penerapan PPKM Level 3 diketahui dan bisa dilaksanakan oleh masyarakat.

Advertisement

“Sosialisasi (perpanjang PPKM Level 3-red) hari ini kita lakukan dengan keliling menggunakan kendaraan agar kebijakan ini bisa kembali diketahui dan bisa diterapkan oleh masyarakat,” terangnya.

Teknis penerapan PPKM, lanjut Anna, sementara ini masih mengikuti kebijakan sebelumnya. Di antaranya untuk pembatasan mobilitas warga dan Pedagang Kaki Lima (PKL) sampai pukul 20.00 WIB.

“Sementara untuk pelaku usaha rumah makan diperbolehkan menyediakan makan di tempat dengan ketentuan tidak boleh lebih dari 30 menit,” jelasnya.

Terkait itu, Asisten Daerah (Asda) II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Lebak Ajis Suhendi membenarkan, PPKM Level 3 di Kabupaten Lebak akan berlaku sampai 9 Agustus 2021.

Seiring dengan kebijakan tersebut, lanjut Ajis, Pemkab Lebak telah menyiapkan bantuan beras untuk masyarakat Lebak yang belum mendapatkan bantuan.

“Saya mengajak agar masyarakat tetap menaati protokol kesehatan dan mengikuti vaksinasi Covid-19 agar segera terwujud herd immunity,” ajaknya. (Den/zai).

Anggota Satpol PP Kabupaten Lebak sedang melaksanakan sosialisasi penerapan PPKM di sekitar kota Rangkasbitung, Kabupaten Lebak.

Back to top button