Kesehatan

Masyarakat Kepulauan di Kabupaten Serang Mulai Disisir Vaksinasi

SERANG, LBC – Setelah melakukan vaksinasi tenaga kesehatan (nakes), jajaran pemerintah, dan masyarakat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) juga menyasar masyarakat kepulauan yang ada di wilayah Kabupaten Serang. Bekerjasama dengan Pangkalan TNI AL (Lanal) Banten, Dinkes mempunyai target sekira 2.000 orang untuk divaksin.

Kepala Dinkes Kabupaten Serang drg Agus Sukmayadi mengatakan, kegiatan vaksinasi di kepulauan sudah dilaksanakan sejak Minggu (15/8) di Pulopanjang, Kecamatan Puloampel.

“Vaksinasi (untuk masyarakat di pulau-red) dilakukan di Kapal Perang KRL Anyer dan Pulopanjangnya sendiri. Walaupun memang belum seluruhnya masyarakat pulau terakomodir,” ungkap Agus kepada wartawan di halaman Pemkab Serang, Rabu (18/8).

Untuk vaksinasi masyarakat pulau lain, sambung Agus, seperti Pulau Tunda di Kecamatan Tirtayasa, pihaknya masih berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Serang dan Lanal Banten untuk menyiapkan kapal bagi nakes yang akan ke Pulau Tunda.

Advertisement

“Sasarannya untuk Pulopanjang (vaksinasi-red) ada sekitar 2000-an. Kalau Pulau Tunda lebih banyak, sekitar dua kali lipatnya,” ungkapnya.

Agus mengaku, pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat soal vaksinasi, terutama di Pulau Tunda. Agus menilai, masyarakat di kepulauan sudah siap divaksin, hanya saja terkendala sarana transportasi.

“Soalnya kalau ke Pulau Tunda perlu satu atau dua hari melaksanakan vaksinasi seluruh sasaran. Kita targetkan awal September yang vaksinasi di Pulau Tunda,” katanya.

Diakui Agus, saat ini vaksinasi untuk masyarakat di pulau baru dosis pertama dan beberapa dosis kedua.

“Untuk vaksinnya, sinovac,” pungkasnya. (roy/zai)

Back to top button