HeadlinePeristiwa

Napi Korban Tewas Kebakaran Lapas Kelas I Tangerang Bertambah

TANGERANG, LBCNarapidana korban meninggal akibat peristiwa kebakaran di Lapas Kelas I Tangerang bertambah tiga orang. Sehingga, total korban tewas saat ini menjadi 44 orang. Korban meninggal dalam masa perawatan di RSUD Kabupaten Serang.

Dokter Jaga ICU RSUD Kabupaten Tangerang dr Santika Budi Andiyani tidak menyangkal, ada korban kebakaran Lapas Kelas I Tangerang yang dirawat di RSUD Kabupaten Serang meninggal dunia karena kondisinya sudah kritis. Dijelaskan Andiyani, pasien meninggal akibat luka bakar yang mencapai 90 persen dan mengakibatkan kerusakan organ tubuh.

“Kami sudah lakukan pertolongan semaksimal mungkin dengan memberikan ventilator dan tindakan penunjang lainnya. Tapi pasien meninggal akibat luka bakar itu sendiri, ada penunjang gangguan organ lain, gangguan multi organ, seperti ginjal, liver,” jelas Aniyani didampingi rekan-rekannya kepada awak media di ruang ICU RSUD Kabupaten Tangerang, Kamis (9/9).

Awalnya, kata Andiyani, pasien korban kebakaran itu saat diterima RSUD Kabupaten Tangerang masih dalam kondisi sadar, tetapi syok berat. Pihaknya saat itu juga langsung melakukan tindakan pertama dengan tatanan syok dehidrasi cairan, lalu memberikan obat penopang jantung, seperti vitamin.

Advertisement

“Awal masuk semua pasien sadar, cuman sesak berat karena mengalami trauma instalasi. Akhirnya, kita pasang ventilasi instalatir, kemudian mereka kami tidurkan secara total sampai akhirnya syok. Obat-obatan sudah maksimal semua, tapi respon pasiennya minim sekali,” jelasnya.

Jika saat itu kondisi pasien stabil, kata Andiyani, rencananya akan dioperasi hari ini.

“Cuman ketiga pasien itu belum sempat kita lakukan operasi,” ujarnya.

Kabar meninggalnya ketiga pasien korban kebakaran Lapas Kelas I Tangerang itu pun dibenarkan Kepala Bagian (Kabag) Hubungan Masyarakat (Humas) dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Rika Aprianti.

“Ya, betul tiga narapidana korban kebakaran di Lapas Kelas I Tangerang meninggal di RSUD ketika menjalani perawatan,” tegasnya.

Adapun nama-nama pasien korban kebakaran yang meninggal dalam perawatan, yakni bernama Hadiyanto bin Ramli yang beralamat di Jalan lontar IV Nomor 44 RT 13/04, Kelurahan Tugu Utara, Kecamatan Koja, Jakarta Utara. Kemudian, Adam Maulana bin Yusuf Hendra warga Kampung Cipeusing RT 03/05 Kelurahan Cimerang, Kecamatan Purbaya, Kabupaten Sukabumi, Jakarta Barat. Ketiga, Timothy Jaya bin Siswanto yang beralamat Lippo Karawaci, Jalan Sabang Nomor 39 Taman Imam Bonjol, Tangerang. (Eky Fajrin/zai)

Back to top button