HeadlinePeristiwa

Oknum Polantas di Tangerang Viral Minta Bawang ke Sopir Truk Dicopot

TANGERANG, LB– Oknum polisi lalu lintas (polantas) dari Polres Bandara Soekarno Hatta Tangerang berinisial PDH jabatan Aipda yang aksinya viral di media sosial (medsos) setelah menilang sopir truk dan meminta imbalan satu karung bawang, dicopot dari jabatannya oleh Polda Metro Jaya dan dipindahtugaskan.

Demikian ditegaskan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan, Selasa (2/11/2021). Aksi oknum polantas tersebut terekam kamera dimana motornya sedang membawa sekarung bawang yang didapat dari hasil penilangan kepada sopir truk. Dikabarkan sopir truk sempat menawarkan uang sebesar Rp100 ribu agar tidak ditilang, tetapi ditolak oleh oknum polantas itu dan malah meminta sekarung bawang sebagai imbalan.

“Aku minta maaf bos, aku kena tilang tapi dimintain bawangnya satu karung bos. Polisi. Tolong rekan-rekan bantu kondisi saya ya. Saya dimintain satu karung, dikasih uang seratus ribu enggak mau, mintanya satu karung bawang” gerutu orang dalam video tersebut.

Bahkan, sopir truk tersebut juga memberitahu plat nomor motor yang dikendarai oknum polantas tersebut.

Advertisement

Aksi itu pun mendapat perhatian serius jajaran Polda Metro Jaya dan langsung menindak oknum tersebut. Oknum polantas itu pun langsung menjalani pemeriksaan oleh Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Metro Jaya.

Setelah dilakukan pemeriksaan, akhirnya Polda Metro Jaya mencopot oknum polantas tersebut. Hal itu sudah sesuai ketentuan sebagai punishment dan reward untuk setiap anggota.

“Kita lakukan pemrosesan secara tegas, Kapolda sudah bertindak tegas, langsung dicabut, ditarik, dipindahtugaskan ke Polda sebagai Bintara Yanma,” tegas Yusri.

Dijelaskan Yusri, penilangan oleh oknum polantas itu terjadi pada Senin (1/11) sekira pukul 17.20 WIB. Aipda PDH memang sedang dalam dinas resmi di wilayah kerjanya di Jalan P2 Bandara Soekarno Hatta. Dia melihat truk plat BG, lalu memberhentikannya dan memeriksa kelengkapan surat-surat pengemudi.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, kata Yusri, pengemudi truk juga memang tidak memiliki kelengkapan surat-surat. Lalu, sanksi semestinya diberikan, tapi oknum polantas itu malah meminta satu karung bawang putih sebagai gantinya.

Saat ini, dipastikan Yusri, pihaknya masih terus memeriksa motif tindakannya tersebut. Selama menjalani pemeriksaan, Aipda PDH juga ditahan di Polda Metro Jaya.

“Itu yang masih kita lakukan pemeriksaan. Iya (ditahan-red) ini masih tunggu hasil pemeriksaan,” tandas Yusri. (Eky Fajrin/zai)

Video aksi oknum polantas itu bisa dilihat di akun Instagram Lingkar Banten di bawah ini https://www.instagram.com/p/CVys4xZBkxI/

Back to top button