Olahraga

Olimpiade Tokyo : Hendra/Ahsan dan Greysia/Apriyani Tanding Sore Ini

TOKYO – Sebanyak 21 medali emas pada olimpiade Tokyo akan diperebutkan pada hari Senin (26/7) ini. Seperti dikutip Tribunnews.com, ke-21 medali emas dari Olimpiade Tokyo itu berasal dari 14 cabang olahraga yang melombakan nomor final yang dijadwalkan hari ini.

Satu medali emas akan diperebutkan dari cabang olahraga menyelam, empat medali emas dari cabang olahraga renang, satu medali emas dari cabang panahan, satu medali emas dari cabang olahraga kano nomor slalom, satu emas dari cabang olahraga sepeda gunung, dua emas dari cabang olahraga anggar, satu emas dari cabang olahraga senam nomor artistik, dua medali emas dari cabang olahraga judo, dua medali emas dari cabang olahraga menembak, dan satu medali emas dari cabang olahraga skateboard.

Berikutnya, satu medali emas akan diperebutkan dari cabang olahraga tenis meja, dua medali emas dari cabang olahraga taekwondo, satu medali emas dari cabang olahraga triahlon, dan satu medali emas dari cabang angkat besi.

Menurut jadwal olimpide, Senin (26/7) ini beberapa wakil Indonesia bertanding, di antaranya:
– Tim Panahan Putra
– 4 Wakil Badminton (Ganda putra, Ganda Putri, dan Ganda Campuran)
– Satu atlet untuk cabang Layar

Advertisement

Tim panahan putra beregu Indonesia kalah 0-6 atas Inggris pada babak 16 Besar. Tim beregu putra yang sudah berjuang terdiri atas Arif Dwi Pangestu, Alviyanto Bagas, dan Riau Ega. Mereka terhenti pada babak 16 besar Olimpiade Tokyo 2020. Pembawa bendera Indonesia, Rio Waida juga kalah pada babak perempat final layar saat duel adu cepat melawan atlet tuan rumah Jepang, Kanoa Igarashi.

Dari cabang bulu tangkis, wakil Indonesia yang berjuang hari ini adalah ganda campuran, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti. Praveen/Melati kalah dalam pertandingan penyisihan grup C melawan ganda Jepang, Yuta watanabe/Arisa Higishino kalah 13-21, 10-21.

Ganda putra, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo menang atas ganda India, S Rankireddy/Chirag Shetty dua set langsung, 21-13, 21-12.

Ganda putra Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan akan menghadapi Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia) pukul 19:20 waktu Tokyo atau pukul 17:20 WIB.

Ganda putri Indonesia Greysia Polii/Apriyani Rahayu akan menghadapi Chloe Birch/Lauren Smith (Inggris) pada pukul 18:00 waktu Tokyo atau pukul 16:00 WIB.

Indonesia Raih Dua Medali

Dikutip dari Tribunnews.com, Indonesia sementara menjadi negara Asia Tenggara (ASEAN) dengan koleksi medali terbanyak hingga hari kedua Olimpiade Tokyo 2020, Minggu (25/7/2021) malam WIB.

Indonesia sejauh ini sudah mengoleksi dua medali, dengan rincian satu perak dan satu perunggu. Medali kedua Indonesia dipersembahkan atlet angkat besi senior Eko Yuli Irawan pada Minggu (25/7/2021) sore WIB.

Turun pada kelas 61 kg putra, Eko Yuli Irawan sukses meraih medali perak dengan total angkatan 302 kg. Rincian dari total angkatan terbaik Eko Yuli Irawan adalah 141 kg snatch dan 165 kg clean & jerk.

Meski medali emas masih luput, Eko Yuli Irawan berhasil mengukir sejarah berkat keberhasilan mendapatkan perak di Olimpiade Tokyo 2020. Eko Yuli Irawan kini menjadi atlet Indonesia dengan koleksi medali Olimpiade terbanyak sepanjang sejarah. Secara keseluruhan Eko Yuli Irawan saat ini sudah mengoleksi empat medali Olimpiade sejak melakoni debut pada ajang empat tahunan itu di Beijing 2008.

Adapun medali pertama Indonesia juga dipersembahkan atlet angkat besi Windy Cantika Aisah pada Sabtu (24/7/2021).

Windy Cantika Aisah yang masih berusia 19 tahun sukses meraih medali perunggu ketika turun di kelas 49 kg putri. Dengan raihan perak dan perunggu, Indonesia untuk sementara menjadi negara Asia Tenggara yang sudah mengoleksi dua medali di Olimpiade Tokyo 2020. (zai)

Back to top button