HeadlineKesehatan

Optimalkan Vaksinasi Massal, Bupati Serang Minta Desember Tuntas

SERANG, LBC– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) gencar menggelar vaksinasi massal untuk melakukan percepatan pencapaian target vaksinasi. Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menargetkan vaksinasi di Kabupaten Serang tuntas Desember ini.

Hal itu disampaikan Tatu saat meninjau Gebyar Vaksinasi di Universitas Faletehan, Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang, Kamis (2/9/2021). Tatu memastikan, stok dosis vaksin untuk masyarakat masih tersedia dan terus didistribusikan. Pihaknya, kata Tatu, gencar melaksanakan vaksinasi massal. Katanya, saat ini vaksinasi massal digelar di tiga lokasi. Selain di Universitas Faletehan, juga di Kecamatan Petir dan Kecamatan Anyar.

“Gebyar vaksinasi ini sebelumnya dilaksanakan di Kawasan Industri Modern Cikande dan sejumlah puskesmas,” ungkap Tatu di sela-sela kegiatan peninjauannya.

Berdasarkan data Dinkes Kabupaten Serang, disebutkan Tatu, sasaran warga yang divaksin mencapai 1.259.754 jiwa atau 70 persen jumlah penduduk Kabupaten Serang. Terdiri atas 3.456 tenaga kesehatan (nakes), 58.784 petugas pelayanan publik, 87.618 lanjut usia (lansia), 942.946 masyarakat rentan dan umum, serta 166.950 anak remaja. Dijelaskan Tatu, pihaknya ingin mempercepat proses vaksinasi agar tercipta herd immunity (kekebalan kelompok terhadap infeksi virus) kepada masyarakat.

Advertisement

“Vaksinasi massal ini untuk mengejar target vaksinasi, karena kita harus mengejar banyak, data yang saya dapat kita sudah 30,58 persen,” ungkap Ketua DPD Partai Golkar Banten ini.

Bupati perempuan pertama di Kabupaten Serang ini mengatakan, pihaknya terus berupaya bersinergi dengan berbagai stakeholder untuk mempercepat capaian target vaksinasi. Selain melibatkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Serang, juga bekerjasama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), dimana di dalamnya terdapat unsur TNI-Polri dan kejaksaan yang ikut membantu mempercepat vaksinasi.

“Supaya target vaksinasi segera tercapai, tenaga kesehatan fokus untuk pemberian vaksin saja. Soal data dan lainnya kita libatkan OPD,” terang Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Banten ini.

Menurut Bupati dua periode ini, antusias warga dalam mengikuti vaksin di Kabupaten Serang cukup tinggi. Di Universitas Faletehan saja, lanjut Tatu, disediakan kuota vaksin sebanyak 1.500 orang, tetapi warga yang datang untuk divaksin lebih dari 2.000 orang.

“Tapi kita sudah siapkan. Jadi, yang hadir tidak pulang kecewa karena tidak bisa divaksin. Kita targetkan 31 Desember ini sudah selesai semua, tinggal konsistensinya saja,” tandasnya.

Dalam tinjauannya itu, Tatu didampingi Rektor Universitas Faletehan Andiko Nugraha Kusuma, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Serang Rachmat Maulana, Direktur RSUD dr Dradjat Prawiranegara (RSDP) dr Rahmat Setiadi, Kepala Dinkes Kabupaten Serang drg Agus Sukmayadi, Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosatik) Kabupaten Serang Hartono, dan Camat Kramatwatu Wawan Setiawan. 

Sementara itu, Kepala Dinkes Kabupaten Serang drg Agus Sukmayadi menambahkan, sebanyak 12 dokter yang disiapkan untuk melakukan vaksinasi di Universitas Faletehan berasal dari Dinkes, puskesmas, RSDP, serta bantuan dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Serang. Katanya, setiap dokter didampingi dua perawat untuk skrining.

“Jadi awal itu pendaftaran, skrining, kemudian vaksinasi dan observasi, serta menerima surat keterangan vaksin secara manual sebelum melalui SMS,” terangnya. (zai)

Back to top button