Pemerintahan

Pandemi, Begini Upacara Bendera Peringatan HUT RI di Kota Tangerang!

TANGERANG, LBCUpacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka memperingati Dirgahayu Kemerdekaan RI ke-76 di tengah pandemi Covid-19 saat ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang mempunyai cara tersendiri agar tidak terjadi kerumunan. Yakni, membatasi peserta upacara dan menyiarkannya secara dalam jaringan (daring).

Pantauan lingkarbanten.com di kawasan Puspemkot Tangerang, Jumat (13/8/2021) pagi, tampak Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) serius berlatih upacara pengibaran dan penurunan bendera merah putih sebagai persiapan hari-H pada 17 Agustus mendatang memperingati HUT RI ke-76. Mereka berlatih dengan menerapkan protokol kesehatan, yuakni memakai masker dan menjaga jarak saat berlatih baris-berbaris.

Kepala Bidang (Kabid) Kepemudaan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tangerang Denny Kuntjoro yang menyaksikan jalannya latihan Paskibraka mengatakan, jika pelaksanaan upacara bendera memperingati HUT RI tahun ini tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya. Hanya saja, kata Denny, upacara pengibaran bendera akan dilakukan lebih sederhana, minimalis, tetapi tetap khidmat dengan jumlah tamu yang terbatas. Katanya, upacara akan dimulai sekira pukul 07.30 WIB dengan estimasi waktu sekira 15 sampai 20 menit yang dilanjutkan dengan mendengarkan arahan dari Presiden Jokowi melalui virtual.

“Jadi, pelaksanaan upacara bendera nanti akan digelar secara daring, hanya dihadiri Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) dengan jumlah peserta kurang lebih sekitar 40 orang,” ungkap Denny yang ditemui di lokasi latihan Paskibraka.

Advertisement

Kata Denny, Paskibraka tahun ini merupakan gabungan dengan angkatan tahun sebelumnya. Pihaknya menyeleksi delapan orang ditambah delapan orang tahun sebelumnya, mengingat situasi dan kondisi yang masih pandemi Covid-19. Denny menambahkan, jika beberapa anggota Paskibraka sudah mengharumkan nama daerah. Yakni atas nama Abdi Ramazhie berhasil masuk tingkat nasional dan tiga lainnya masuk tingkat Provinsi Banten.

“Ya semoga mereka dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan mengharumkan nama Kota Tangerang,” harapnya.

Sementara itu, salah seorang anggota Paskibraka Kota Tangerang, Nur Wilianto (17) mengaku bangga bisa terpilih menjadi bagian dari Paskibraka pada peringatan Dirgahayu RI ke-76 di Kota Tangerang. Katanya, dia akan bertugas sebagai Komandan Peleton (Danton) memimpin upacara yang dijadwalkan pelaksanaannya akan dilakukan di area Puspemkot Tangerang.

“Perasaan saya bisa terpilih ini bersyukur, senang dan bangga, saya enggak pernah menyangka (jadi Paskibraka-red). Tapi, ini bagi saya tugas yang mulia yang harus saya lakukan sebaik-baiknya,” ujarnya. (Eky Fajrin/zai)

Back to top button