Inovasi

Patung di Sub Denpom III/4-3 Pandeglang Karya Seniman Lokal Mendunia

PANDEGLANG, LBC– Sebagai simbol dari keberadaan Polisi Militer (PM) dan upaya menghargai sejarah, Sub Detasemen Polisi Militer (Denpom) III/4-3 Pandeglang membuat Patung Patih Gajah Mada berukuran raksasa seberat 500 kilogram di Madenpom III/4-3 Pandeglang. Siapa sangka patung itu merupakan hasil karya seniman lokal Banten yang diakui dunia,

Demikian disampaikan Kepala Sub Denpom Pandeglang Kapten Meisro saat berbincang dengan lingkarbanten.com di ruang kerjanya, Madenpomm III/4-3 Pandeglang, Jalan Pendidikan, Pandeglang, Sabtu (25/9/2021). Meisro mengatakan, pihaknya sengaja membuat membuat sebuah patung Patih Gajah Mada sebagai lambang Polisi Militer.

“Patung ini beratnya 500 kilogram buah hasil karya seniman asal Banten yang diakui dunia, namanya Kang Anda,” ungkapnya.

Dijelaskan Meisro, Patung Patih Gajah Mada merupakan simbol atau lambang kesatuan Polisi Militer. Gajah Mada merupakan seorang patih di Kerajaan Majapahit dengan sumpah palapanya menyatukan Nusantara.

Advertisement

Gajah Mada merupakan sosok prajurit yang tegas dan religius, semangat yang tidak mengenal waktu dalam mengabdi kepada bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), serta selalu bersinergi dengan jajaran terkait guna terciptanya situasi yang kondusif. Atas dasar latar belakang sejarah itulah, maka dibangun patung Patih Gajah Mada.

Maeso juga menilai, patung Patih Gajah Mada yang kini berdiri kokoh di Madenpom III/4-3 Pandeglang memberikan nuansa baru di kantornya dan menambah keindahan Pandeglang. Maesro berharap pembuatan, berdirinya patung Patih Gajah Mada dapat mewujudkan semangat kebersamaan TNI. (M Hafidz Fathurrohman/zai)

Back to top button