Pemerintahan

Pegawai Pemkab Pandeglang Dilarang Pergi Ke Luar Daerah

PANDEGLANG, LBC –Seluruh pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang dilarang pergi ke luar daerah selama pandemi Covid-19. Kebijakan itu diterapkan untuk meminimalisasi penyebaran virus corona.

Demikian ditegaskan Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Pandeglang Pery Hasanudin saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Senin (16/8/2021). Pery mengatakan, pihaknya sudah mengeluarkan kebijakan melarang pegawai di lingkungan Pemkab Pandeglang pergi ke luar daerah selama pandemi Covid-19. Kebijakan itu dikeluarkan, kata Pery, karena jumlah pegawai Pemkab Pandeglang yang terpapar Covid-19 terus bertambah dari waktu ke waktu.

“Enggak boleh pergi ke luar daerah (pegawai Pemkab Pandeglang-red). Semua pegawai harus tetap di rumah walaupun libur panjang. Intinya, enggak boleh kemana-mana, harus tetap di rumah,” imbau Pery.

Pery mengatakan, jika kebijakan tersebut merupakan arahan Bupati Pandeglang Irna Narulita dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di instansi pemerintahan atau kluster perkantoran. Oleh karena itu, Pery meminta semua pegawai baik dari Aparatur Sipil Negara (ASN) dan honorer di lingkungan Pemkab Pandeglang untuk mematuhi keputusan tersebut.

Advertisement

“Ibu Bupati ini selalu responsif dalam menyikapi masalah, terutama mengenai corona. Makanya, para pegawai sebaiknya jangan pergi kemana-mana, lebih baik di rumah saja,” ujarnya.

Pery pun mengajak semua stakeholder dan masyarakat agar bisa bekerjasama dengan baik dalam penanganan Covid-19 di Pandeglang dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes), seperti menggunakan masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan rajin mencuci tangan.

“Persoalan corona merupakan tugas kita bersama. Kita sudah mengeluarkan kebijakan dan aturan serta anggaran, tetapi kalau aturan yang ada tidak diindahkan oleh masyarakat, kan penanganan corona akan semakin sulit,” terangnya.

Pery pun memastikan, pihaknya akan tetap memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Pery juga mengingatkan masyarakat dan pegawai di semua instansi pemerintahan untuk tetap disiplin prokes.

“Pelayanan tetap kita berikan. Hanya saja kita terapkan protokol kesehatan. Kenapa? Karena kita tidak mau penanganan corona ini tidak berjalan baik,” tandasnya.

Menanggapi itu, Ketua Komisi I DPRD Pandeglang Endang Sumantri mendukung kebijakan yang dikeluarkan Pemkab Pandeglang. Endang berharap, keputusan tersebut bisa dipatuhi semua pegawai di lingkungan Pemkab Pandeglang tanpa terkecuali.

“Aturan itu harus kita patuhi bersama. Terlebih, saat ini memang kondisi kita sedang tidak baik karena virus corona. Jadi, sebaiknya memang kita patuhi anjuran pemerintah daerah,” ajaknya. (rie/zai)

Back to top button