Peristiwa

Pelabuhan Karangantu, Kasemen, Kota Serang Diguncang Tsunami

SERANG, LB– Pelabuhan Karangantu, tepatnya di Pantai Gopek, Kecamatan Kasemen, Kota Serang diguncang tsunami dengan kekuatan mencapai 6,5 skala richter, Kamis (4/11/2021). Gelombang yang menghantam pantai ketinggiannya mencapai tiga meter.

Akibat tsunami, puluhan warga yang berada di sekitar Pantai Gopek menjadi korban. Puluhan rumah di sekitar pantai juga porak poranda, serta di tengah lautan terlihat kapal nelayan terbalik hingga beberapa nelayan harus berenang menyelamatkan diri.

Melihat kejadian itu, seorang relawan dari Kelurahan Tangguh melaporkannya kepada Pusat Pengendalian Operasional (Pusdaops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Serang soal gempa tsunami yang menimbulkan gelombang air laut naik ke permukaan Pantai Gopek.

Personil Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kota Serang langsung diterjunkan ke lokasi bencana untuk melakukan evakuasi. Korban terluka langsung dilarikan petugas ke Pos Kesehatan, sementara korban selamat dibawa ke tenda pengungsi.

Advertisement

Proses evakuasi melibatkan anggota TNI Angkatan Laut (AL), Polri, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Serang, tim Vertical Rescue, Badan Search and Rescue (Basarnas), serta beberapa unsur masyarakat setempat dari relawan tangguh bencana.

Demikian simulasi bencana tsunami yang diselenggarakan BPBD Kota Serang di Pelabuhan Karangantu sebagai bentuk kesiapsiagaan BPBD terhadap potensi bencana tsunami.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Serang Diat Hermawan mengatakan, di Kota Serang terdapat delapan potensi bencana, salah satunya banjir yang diakibatkan gempa bumi dan tsunami.

“Makanya, perlu ada pelatihan dan simulasi kebencanaan untuk mempersiapkan ketanggapdaruratan bencana, baik relawan dan masyarakat, termasuk TRC,” terangnya. (Hendra Hermawan/zai)

Back to top button