Desa

Pelaksanaan Pilkades Serentak Kabupaten Serang Dipastikan Kondusif

SERANG, LB– Kapolres Serang AKBP Yudha Satria melaporkan kegiatan pemungutan suara Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Kabupaten Serang 2021 di 1.222 Tempat Pemungutan Suara (TPS), Minggu (31/10/2021). Hingga pukul 12.00 WIB, Pilkades dipastikan pihak kepolisian berlangsung kondusif.

“Sesuai laporan para perwira pengendali di 144 desa yang melaksanakan Pilkades di Kabupaten Serang, alhamdulillah rangkaian pelaksanaan pemungutan suara berlangsung aman, sesuai prokes (protokol kesehatan), dan tidak ada gangguan kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) yang signifikan,” tegas Yudha dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Minggu (31/10/2021).

Pantauan pelaksanaan pengamanan Pilkades Serentak di Kabupaten Serang, Kapolda Banten Irjend Pol Rudy Heriyanto bersama Wakapolda Banten Brigjen Pol Ery Nursatari, serta Irwasda Polda Banten Kombes Pol Ady Soeseno beserta rombongan bahkan turun langsung mengecek pengamanan Pilkades di Desa Dukuh Kecamatan Kragilan dan Desa Nambo Ilir Kecamatan Kibin.

“Sejauh ini pelaksanaan pemungutan suara di TPS berjalan aman. Terima kasih kepada warga Kabupaten Serang yang telah menggunakan hak suaranya secara antusias. Di beberapa TPS bahkan saya melihat ada gerai-gerai vaksin. Kita berharap tahapan rekapitulasi suara juga bertahan aman, sehat, dan kondusif,” harap Kapolda.

Advertisement
Kabid Humas Polda Banten AKBP Shinto Silitonga ikut meninjau Pilkades di salah satu TPS di Kabupaten Serang.

Kepala Bidang Humas Polda Banten AKBP Shinto Silitonga menambahkan, sesuai perintah Kapolda Banten bahwa seluruh Pejabat Utama (PJU) Polda Banten dan para Wakil Direktur (Wadir), serta perwira menengah di setiap Satuan Kerja (Satker) dilibatkan menjadi perwira pengamat wilayah di setiap Polsek untuk mengasistensi pelaksanaan pengamanan Pilkades Serang. Bahkan, harus memberi solusi ketika ada temuan permasalan yang terjadi di masing-masing kecamatan.

“Optimalisasi pengamanan Pilkades di Serang sesuai perintah Kapolda Banten menugaskan para PJU, Wadir dan Pamen tiap Satker untuk turun langsung ke polsek-polsek sebagai Pamatwil untuk asistensi dan problem solver,” jelas Shinto.

Shinto pun mengapresiasi panitia penyelenggara Pilkades, petugas pengamanan, terutama warga yang antusias mengikuti Pilkades dengan rata-rata 90 persen DPT menggunakan hak suaranya sesuai pantauan hingga pukul 12.00 WIB.

“Kami optimistis pelaksanaan rekapitulasi suara di 144 desa pemilihan juga berlangsung aman, sehat, dan kondusif,” tandasnnya.

Saat berlangsungnya Pilkades, Kabupaten Serang diguyur hujan. Shinto mengaku sudah mengimbau panitia pelaksana Pilkades waspada bencana, mengutamakan keselamatan jiwa selama proses rekapitulasi suara.

Sebagaimana diketahui, Pilkades berlangsung serentak 1.222 TPS di 144 desa Kabupaten Serang. Polda Banten menernjukan 2.000 personel untuk pengamanan, termasuk Brimob dari Mabes Polri untuk menjamin pelaksanaan Pilkades berjalan aman, sehat, dan kondusif. (Hendra Hermawan/zai)

Back to top button