Pemerintahan

Pemkab Pandeglang Kebut Penyusunan Draft RDTR Carita-Panimbang

PANDEGLANG, LBC – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) menargetkan penyusunan draft Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Carita-Panimbang rampung tahun ini agar segera diajukan kepada Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) untuk meminta persetujuan.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Pandeglang Asep Rahmat pada Rapat Koordinasi (Rakor) Pembahasan RDTR Carita-Panimbang di aula kantor Dinas PUPR Pandeglang, Senin (13/9/2021).

Sekadar diketahui, RDTR Carita-Panimbang disusun karena menjadi daerah yang ditetapkan sebagai Kawasan Pengembangan Pariwisata.

“Kita susun draf teknis RDTR Carita-Panimbang karena dapat bantuan dari Kementerian ATR tahun 2019. Namun waktu itu belum bisa di Perda-kan, karena ada salah satu syarat yang belum terpenuhi, di antaranya KHLS (Kajian Lingkungan Hidup Strategis),“ ungkap Asep.

Advertisement

Dengan adanya Undang-undang Cipta Kerja Nomor 11 tahun 2020, dimana ada ketentuan baru tentang RDTR, kata Asep, cukup dengan Peraturan Bupati (Perbup), karena di atas RDTR sudah dibuat Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dengan Peraturan Daerah (Perda).

“Saat ini progres penyelesaian KLHS sedang kita kebut dan berharap bisa selesai tahun ini agar penyusunan RDTR Carita-Panimbang segera rampung dan dibuat Perbup-nya,” harapnya.

Di tempat yang sama, Pelaksana Harian (Plh) Sekeretaris Daerah (Sekda) Pemkab Pandeglang Taufik Hidayat berharap, penyusunan RDTR Carita-Panimbang terencana dengan baik dan segera rampung.

“Jika penyusunan RDTR Carita-Panimbang ini sudah selesai, tentu para investor bisa dengan mudah membuka usaha, karena sudah ada kejelasan. Kalau semua sudah berjalan, maka pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Pandeglang bisa meningkat,” terangnya. (zai)

Back to top button