PariwisataPemerintahanPendidikan

Pemkab Serang Gandeng UGM Wujudkan Wisata Religi di Tanara Melalui KKN

SERANG, LB – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah melepas puluhan mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta yang akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kecamatan Tanara, Kabupaten Serang di Pendopo Bupati, Senin (27/6/2022). Tatu pun meminta mahasiswa KKN dapat membantu merevitalisasi untuk mewujudkan wisata religi di Kecamatan Tanara.
Pelepasan mahasiswa KKN UGM disaksikan sejumlah pejabat eselon 2 di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang. Hadir Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Serang Tubagus Entus Mahmud Sahiri dan mahasiswa yang tergabung organisasi Gerakan Mahasiswa Serang Utara (Gamsut). KKN Tematik UGM di Kabupaten Serang itu bertajuk ‘Revitalisasi wisata budaya/religi di kecamatan Tanara Kabupaten Serang berbasis kearifan lokal’.

Tatu mengucapkan terima kasih kepada keluarga UGM yang telah memilih Kabupaten Serang sebagai salah satu daerah tujuan KKN yang menyebarkan sekira 6.000 mahasiswanya ke seluruh Indonesia. Disebutkan Tatu, KKN UGM berlangsung selama 50 hari, mulai 25 Juni sampai 13 Agustus. KKN mahasiswa merupakan kerja sama Pemkab Serang dengan UGM.

“Kami (Pemkab dengan UGM-red) sepakat akan membantu revitalisasi daerah wisata di Tanara,” ungkap Tatu usai acara pelepasan.
Kata Tatu, wilayah Tanara mempunyai sejarah luar biasa, yakni tempat lahirnya Syech Nawawi Albantani yang menghasilkan buku kitab kuning yang digunakan di Indonesia maupun di negara lainnya.
“Kami ingin Tanara menjadi tujuan wisata religi, dan keinginan kami mengajak UGM bersama mendampingi, mahasiswa menjadi bagian dari MoU untuk kegiatan tridarma sebuah pengabdian,” katanya.
Tatu pun mengaku berharap banyak dari kegiatan KKN UGM dan optimistis kegiatan akan berdampak positif terhadap masyarakat Kecamatan Tanara, mahasiswa UGM bisa berbaur dengan masyarakat, serta saling berbagi ilmu dengan mahasiswa dan pemuda di wilayah Tanara dengan budaya yang berbeda. Apalagi, menurut Tatu, Yogyakarta sudah terbentuk sebagai daerah pariwisata, sehingga dengan latar pendidikan mahasiswa UGM yang beragam, yakni mulai dari bidang kedokteran, pertanian, peternakan bisa bersinergi dengan masyarakat dan pemerintah setempat.
“Di sana air bersih cukup kesulitan, ini menjadi bagian dari target Pemkab Serang memperbaikinya. Semoga mahasiswa UGM dapat melaksanakan KKN denhan baik dan memberikan motivasi masyarakat Tanara,” harap politisi Golkar ini.
Di tempat yang sama, Kepala Laboratorium Kartografi UGM Sudaryatno mengatakan, pihaknya selama 50 hari ke depan akan fokus pada persoalan kebersihan lingkungan di kawasan wisata religi. Pihaknya juga akan belajar ke Kecamatan Cikande terkait pengelolaan sampah agar dapat diterapkan di Kecamatan Tanara.

Ia pun berencana mengajak masyarakat setempat untuk belajar mengelola tanaman mangrove sebagai akses menuju kawasan wisata

“Kita juga akan belajar ke Lontar agar Desa Pedaleman menjadi tempat wisata. Harapan saya, kegiatan sinergi KKN ini bermanfaat untuk masyarakat setempat, dan saya juga berpesan kepada mahasiswa KKN agar dapat menjaga nama baik almamater,” pesannya. (Nizar)

Advertisement

Back to top button