Inovasi

Pemkot Tangerang Butuh IPA 1.000 Liter/Detik Penyediaan Air Bersih

Kementerian PUPR Bangun IPA untuk 50 Ribu Sambungan di Kota Tangerang

TANGERANG, LB– Untuk memenuhi kebutuhan air bersih dan layak konsumsi masyarakat di Kota Tangerang, dibutuhkan pembangunan Instalasi Pengelolaan Air (IPA) berkapasitas 1.000 liter/detik.

Hal itu diungkapkan Wakil Walikota Tangerang Sachrudin saat acara groundbreaking (peletakan batu pertama) pembangunan Instalasi Pengelolaan Air (IPA) Sitanala bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Banten melakukan di Jalan Dr Sitanala, Kelurahan Karangsari, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang, Kamis (7/10/2021).

Sachrudin mengatakan, upaya pemenuhan kebutuhan air bersih dan sehat layak konsumsi bagi warga Kota Tangerang terus diupayakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang. Untuk itu, Sachrudin mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat yang telah merespon kebutuhan air bersih masyarakat Kota Tangerang dengan membangun IPA di zona dua Kota Tangerang.

“Zona dua Kota Tangerang memerlukan IPA kapasitas 1.000 liter/detik,” ungkap Sachrudin dalam sambutannya pada acara groundbreaking.

Advertisement

Sachrudin berharap, pembangunan berjalan lancar dan mampu memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat Kota Tangerang, khususnya di zona dua Kota Tangerang. Pemkot Tangerang berterima kasih kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) atas percepatan pembangunan dalam rangka pemenuhan kebutuhan air bersih masyarakat di Kota Tangerang.

“Semoga pembangunan tahap satu segera rampung dan dapat berlanjut ke tahap dua,” harapnya.

Sementara itu, Direktur Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Direktorat Jenderal (Dijen) Cipta Karya Kementerian PUPR RI Anang Muchlis mengatakan, IPA tahap satu yang dibangun di Kota Tangerang berkapasitas 500 liter/detik dengan estimasi pengerjaan 390 hari.

“Semoga pengerjaannya lancar tanpa hambatan. Tahap satu ini, kita upayakan IPA kapasitas 500 liter/detik terlebih dahulu, lalu di 2023 kami akan upgrade kapasitasnya menjadi 1000 liter/detik,” ujar Anang.

Diungkapkan Anang, pembangunan IPA Sitanala berada di zona dua wilayah Kota Tangerang yang mencakup lima kecamatan, yakni Kecamatan Karawaci, Cibodas, Jatiuwung, Periuk, dan Kecamatan Neglasari untuk 50 ribu sambungan.

“Dengan begitu, ada 200 ribu jiwa yang akan terlayani IPA Sitanala. Ke depannya, pengelolaan air di IPA Sitanala ini akan diserahkan kepada PDAM Kota Tangerang,” terangnya.

Sebagai diketahui, groundbreaking dilakukan oleh Wakil Walikota Tangerang, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang, Ketua DPRD Kota Tangerang, Kajari Kota Tangerang, Kapolres Kota Tangerang, Dandim 0506 Tangerang, Kajati Banten, beserta Direktur Pengembangan SPAM Kementerian PUPR, dan Kepala BPPW Banten. (Eky Fajrin/zai)

Back to top button