Sosial Budaya

Pemkot Tangerang Data Anak Kehilangan Orangtua Akibat Covid-19

TANGERANG, LBC –Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang masih menerapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3. Seiring dengan itu, Pemkot juga mulai bergerak memulihkan dampak dari pandemi. Salah satunya melakukan pendataan anak yang kehilangan orangtuanya akibat terpapar Covid-19.

Kepala Seksi (Kasi) Data Perlindungan Jaminan Sosial (Linjamsos) Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tangerang Arif Rahman mengatakan, pihaknya ssaat in sedang gencar mendata anak yang kehilangan orangtuanya akibat Covid-19 di 13 Kecamatan. Proses pendataan, pihaknya berkoordinasi mulai dari perangkat pemerintah hingga tingkat RT/RW.

“Kita saat ini lagi mendata anak-anak yatim, piatu, dan yatim piatu yang ditinggal meninggal orang tuanya karena terpapar Covid-19,” ungkap Arif kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (25/8).

Disebutkan Arif, kriteria anak yang akan didata maksimal berusia 16 tahun dan kehilangan orangtua akibat Covid-19, dibuktikan dengan data tes PCR yang dilakukan pihak rumah sakit atau fasilitas kesehatan seperti puskesmas dan klinik. Ke depan, sambung Arif, data tersebut akan digunakan untuk penyaluran bantuan.

Advertisement

“Yang akan menerima bantuan, yaitu anak-anak yang orang tuanya memiliki KTP Kota Tangerang. Kalau tidak ber-KTP Kota Tangerang tapi domisilinya di Kota Tangerang atau yang KTP-nya Kota Tangerang tapi tidak berdomisili di Kota Tangerang, tidak kita data. Kriteria itu yang menentukan pihak Kemensos (Kementerian Sosial),” terangnya.

Kendati demikian, Arif mengaku belum mengetahui pasti bentuk bantuan yang akan diserahkan kepada anak-anak dari orangtua korban Covid-19 tersebut, karena bantuannya langsung dari Kemensos.

“Kalau bentuk bantuannya apa, kita sendiri masih belum mendapatkan informasi dari Kemensos,” tandasnya. (Eky Fajrin/zai)

Back to top button